Malam Tahun Baru, Pusat Kota Magelang Bebas Kendaraan Bermotor

 

MAGELANG – Pada malam pergantian tahun baru nanti (31/12), Polres Magelang Kota memberlakukan Car Free Night (CFN) di kawasan alun-alun. Kawasan Alun-alun akan terbebas dari kendaraan bermotor di malam hari, mulai pukul 16.00 hingga 24.00.

Wakapolres Magelang, Kompol Prayudha Widiyatmoko mengatakan, CFN ini telah direncanakan sejak jauh hari. “Bagi warga yang ingin menikmati malam pergantian tahun di alun-alun harus berjalan kaki atau mengendarai sepeda ontel,” katanya.

Sejumlah personel bakal disiagakan di tiap pintu atau jalur masuk ke alun-alun Kota Magelang. Di antaranya Jalan Ahmad Yani (simpang CPM), Jalan Sigaluh, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Mayjend Sutoyo.

Polres Magelang telah menyiapkan rekayasa jalur yang bisa dilewati kendaraan selama CFN. Kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani menuju alun-alun dibelokkan ke arah Jalan Majapahit. Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar dibelokkan ke Jalan Sutopo. Kendaraan yang melalui Jalan Mayjend Sutoyo dialihkan ke arah Jalan Kauman.

Sementara itu, di sekitar alun-alun akan disiapkan kantong-kantong parkir untuk kenyamanan warga. Sedikitnya  ada 19 kantong parkir. Diantaranya di ruas Jalan A Yani (depan CPM), ruas Jalan Sigaluh, ruas Jalan Tentara Pelajar, ruas Jalan Mayjend Sutoyo, BPLK, Jalan Veteran, Skylight, Kompleks Bakorwil dan lainnya.

“Bagi warga yang masuk ke kawasan Alun-alun sebelum pukul 16.00 dan parkir, akan diminta untuk memindahkan kendaraannya. Pemilik kendaraan diminta untuk memarkir kendaraannya di kantong parkir yang sudah disiapkan. Bagi yang tidak mau memindahkannya akan kami tindak tegas, kalau itu mobil akan diderek,” ujar Prayudha.

Car Free Night digadang-gadang menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat. Terlebih di malam hari itu ada banyak pertunjukkan yang disajikan oleh Pemkot Magelang secara gratis untuk masyarakat. Pertunjukan kembang api, lampion, sejuta laser, video mapping, air mancur menari, dan pentas musik.

Polres Magelang akan memfilter pengunjung yang membawa minuman keras dan barang terlarang lainnya. “Kami tidak mau kecolongan, disusupi orang-orang tak bertanggung jawab. Anggota juga akan patroli nenggunakan sepeda,” kata Prayudha. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

11 − = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.