Malam Ini Puncak Arus Balik, Sejam 6.000 Kendaraan Melintasi Kendal

Arus balik mulai memadati Pantura Kendal, Selasa (21/7) sore. Foto: metrojateng.com
Arus balik mulai memadati Pantura Kendal, Selasa (21/7) sore. Foto: metrojateng.com

KENDAL – Arus balik pada H+3 yang memasuki jalur pantura Kendal, Selasa (21/7) sore mulai mengalami lonjakan. Berdasarkan pantauan  Dinas Perhubungan sudah lebih dari 34 ribu lebih kendaraan, baik roda dua maupun roda empat masuk di pantura Kendal dan kembali ke Jakarta.

Iring-iringan kendaraan bernomor polisi luar kota,  nampak mulai masuk ke Kabupaten Kendal dari arah timur. Meski tidak terjadi kemacetan panjang, namun kepadatan kendaraan ini terus terjadi sejak Selasa pagi hingga sore. Tercatat lebih dari 34 ribu kendaraan sudah melintas  jalur pantura Kendal  menuju arah barat.

Dari pantauan di pos pam  Sumberejo perbatasan dengan Kota Semarang, iring-iringan kendaraan tanpa henti mulai memasuki Kendal. Dalam satu jam, kendaraan yang masuk kendal rata rata mencapai 6 ribu unit.

Tim pemantau Dishub yang berada di pos Pantes Brangsong, pantauan terakhir hingga jam 15.00 WIB, sepeda motor sebanyak 3.213, kendaraan roda  empat sebanyak 3.156 per jam dan bus 63 unit.

Tiap jam ada peningkatan sekitar 150  sampai 200 untuk roda dua, sedangkan roda empat sekitar 100 sampai 150 unit. Petugas Dishub, Yovie Rahmawan memerkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada Selasa malam hingga Rabu pagi.

“Diperkirakan puncaknya nanti malam hingga Rabu pagi, karena cuti bersama sudah habis,” katanya.

Dijelaskan Yovie, arus mudik masih didominasi roda dua yang setiap jamnya bertambah. Sementara untuk kendaraan roda empat diperkirakan akan memasuki pantura Kendal selasa malam.

Sejumlah titik kerawanan macet sepanjang pantura kendal terjadi di  pasar tumpah Cepiring dan Weleri. Sementara bagi pemudik yang hendak menuju arah barat masuk Kendal  diarahkan ke jalur lingkar Kaliwungu mengingat ada keramaian syawalan, di pantura Kaliwungu yang bisa menimbulkan kemacetan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

97 − = 92

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.