Mahasiswa Undip Dipulangkan Usai Selamat dari Tsunami Lampung

Perjalanan jauh yang ditempuh rombongan mahasiswanya menuju Jawa Tengah, membuat mereka kelelahan.

SEMARANG- Sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro yang berada di Pulau Legundi, Lampung akhirnya dipulangkan ke Jawa Tengah. Mereka dipulangkan setelah berhasil dievakuasi pasca bencana tsunami melanda perairan Selat Sunda.

Ilustrasi mahasiswa Undip. Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Seorang Dosen Ilmu Kelautan, FPIK Undip, Munasik mengaku pemulangan rombongan mahasiswanya dilakukan kemarin. Di pagi ini, Rabu (26/12/2018), mereka sudah tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

“Ini saya sedang menjemput mereka di Bandara Ahmad Yani. Kondisinya selamat semua. Tetapi setelah saya lihat ada satu anak yang terluka, kakinya lecet-lecet karena dari pengakuannya dia sempat terpeleset saat menyelamatkan diri naik ke bukit di Pulau Legundi,” kata Munasik kepada metrojateng.com.

Dari keterangan yang diperoleh metrojateng.com, jumlah mahasiswa FPIK yang dipulangkan ke Jawa Tengah ada 25 orang. Terdapat pula empat alumni Ilmu Kelautan Undip dan seorang dosen pembina Unit Kegiatan Kemahasiswaan Sea Crest.

Munasik mengatakan perjalanan jauh yang ditempuh rombongan mahasiswanya menuju Jawa Tengah, membuat mereka kelelahan. Sebab, mereka harus melakukan proses evakuasi yang panjang dari lereng bukit Pulau Legundi, Lampung. Kemudian dibawa ke Jakarta. Selanjutnya diidentifikasi lalu diterbangkan ke Jawa Tengah.

Ia mengaku berencana membawa mereka ke kampusnya terlebih dahulu sebelum memulangkan ke kampung halaman masing-masing. Namun, hal itu juga sangat tergantung dengan psikologis dan kondisi fisik para mahasiswanya.

“Kami akan tawarkan kepada mereka apakah mau istirahat ke kampus dulu. Apa mau langsung pulang ke rumah masing-masing. Karena kondisinya saat ini mereka mayoritas sudah kecapekan. Lagipula dari Jakarta ke Semarang mereka juga belum makan,” tutur Sekretaris Departemen Ilmu Kelautan Undip tersebut. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.