Mahasiswa Semarang Siap Jadi Garda Depan Kedaulatan Energi

Saat ini terdapat lebih dari 100 mahasiswa yang telah menjadi anggota Dewan Energi Mahasiswa Semarang dengan Presiden DEM terpilih, yaitu Abdurohman Hizbuloh.

SEMARANG – Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Semarang siap menjadi garda depan kedaulatan energi bangsa. Hal itu diwujudkan dengan mendeklarasikan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Semarang di Social Canteen, Sabtu (19/10/2019) malam.

Para mahasiswa di Kota Semarang mendeklarasikan sebagai Dewan Energi Mahasiswa yang bermitra dengan Serikat Pekerja Persada IV di Social Canteen, Sabtu (19/10/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Melalui deklarasi DEM Semarang, para anggota akan berperan sebagai lokomotif pergerakan edukasi ke mahasiswa lain demi mewujudkan kedaulatan energi bangsa. Adapun, dalam edukasi DEM Semarang menggandeng Serikat Pekerja Persada IV sebagai mitra strategis sekaligus memberikan pemaparan terkait kedaulatan energi, khususnya migas.

Ketua Umum SP Persada IV, Datuk Fachrul Razy mengatakan, bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, telah menjadi tanggung jawab Pertamina untuk memberikan edukasi kepada seluruh stakeholder tidak terkecuali civitas academica.

“Melalui SP Persada, hubungan baik telah lama terjalin dengan para mahasiswa terutama yang berada di Kota Semarang ini. Dalam menjaga keberlangsungan energi di Indonesia, dibutuhkan kerja sama yang baik dari seluruh kalangan dan kami melihat semangat rekan-rekan mahasiswa sangat baik sehingga ketika ada rencana dari rekan-rekan mahasiswa untuk membentuk Dewan Energi Mahasiswa ini maka kami sangat mendukung,” ungkapnya.

Saat ini terdapat lebih dari 100 mahasiswa yang telah menjadi anggota Dewan Energi Mahasiswa Semarang dengan Presiden DEM terpilih, yaitu Abdurohman Hizbuloh. Program kerja DEM nantinya akan difokuskan pada tiga hal, yaitu Youth Movement, Empowerment, dan Integrity. Beberapa kegiatan seperti forum aktivitas energi, diskusi tematik serta bazaar energi untuk rakyat akan menjadi agenda utama DEM Semarang ini.

Selain Dewan Energi Mahasiswa Semarang, di tingkat kampus juga terdapat DEM, yaitu di Universitas Diponegoro yang dipimpin oleh Abbid selaku presiden DEM Undip dan di Universitas Negeri Semarang yang dipimpin oleh Defri selaku presidennya.

“Kami mengharapkan keaktifan para anggota DEM Semarang sebagai garda depan kedaulatan energi, tidak hanya dalam energi migas saja namun juga energi-energi lain seperti listrik, EBT, dan energi lain. Harapannya, DEM Semarang juga dapat bekerja sama dengan institusi lain yang berkaitan dengan energi. Ke depannya SP Persada IV siap menjadi mitra strategis mereka dan akan terus mendampingi serta memberikan edukasi-edukasi di bidang energi,” katanya. (ang)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.