Mahasiswa Didorong Manfaatkan Teknologi Kembangkan Usaha Sesuai Passion

Mahasiswa SI FTIK USM menunjukkan Aplikasi Penjualan yang diterapkan oleh Martabak Mini Semarang. Foto: metrojateng.com/Ade Lukmono

 

SEMARANG – Untuk lebih mengenalkan dunia usaha di kalangan mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang (USM) menghadirkan Chief Executive Officer aplikasi Madhang, Maulana Bayu dalam Talkshow dan Expo Technobiss 2019.

 

Maulana menanamkan pentingnya inovasi bagi mahasiswa yang ingin terjun ke startup yang sekarang berkembang pesat.

 

Dia mengatakan, untuk mulai usaha baru akan lebih mudah ketika menggabungkan antara passion, inovasi dan pemanfaatan teknologi. “Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mulai menekuni usaha dalam hal yang dia gemari,” katanya di Auditorium Ir Widjatmoko, Kamis (3/1/2019).

 

Dalam penerapan teknologi di bidang usaha, mahasiswa Sistem Informasi FTIK (USM) diminta untuk membuat aplikasi yang bisa membantu mengembangkan usaha UMKM di Semarang. Satu contoh aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa adalah Aplikasi Penjualan menggunakan aplikasi berbasis web yang langsung diterapkan oleh usaha Martabak Mini Semarang.

 

“Dalam aplikasi penjualan ini, UMKM bisa menginput data pembelian dari konsumen hingga melakukan print out sebagai nota. Semua transaksi penjualan produk Martabak Mini bisa terdata dengan baik sehingga bisa digunakan untuk penghitungan laba usaha,” ujar mahasiswa Sistem Informasi, Aditya Setiawardani.

 

Dia menambahkan, pemanfaatan teknologi, seperti pembuatan website dan pengoptimalan sosial media untuk promosi usaha hingga aplikasi keuangan online telah dibuat mahasiswa sebagai bentuk penerapan materi perkuliahan kewirausahaan.

 

Dosen Kewirausahaan, Henny Indriyawati mengatakan, pihak kampus telah mengajak mahasiswa untuk terjun langsung untuk memahami problematika dunia usaha dan pemanfaatan teknologi untuk usaha tersebut. Mahasiswa juga dituntut bisa membantu dalam pemanfaatan teknologi tersebut agar nantinya dapat diterapkan ketika mereka mulai merintis karir di bidang wirausaha. (ade)

 

 

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.