Luapan Sungai Kendal Rendam Ratusan Rumah di Lima Kelurahan

Lima kelurahan yang terendam banjir akibat luapan Sungai Kendal yakni, Kebondalem, Pegulon, Pekauman. Ngilir dan Bandengan. 

KENDAL – Ratusan rumah di lima kelurahan terendam banjir akibat luapan Sungai Kendal, Minggu (27/1/2019) dinihari. Banjir ini merupakan kali pertama di tahun 2019.

Luapan Sungai Kendal menggenangi permukiman di lima kelurahan. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (26/1) sore mengakibatkan Sungai Kendal meluap. Lima kelurahan yang terendam banjir akibat luapan Sungai Kendal yakni, Kebondalem, Pegulon, Pekauman. Ngilir dan Bandengan. 

Seperti di Kelurahan Pegulon Kota Kendal ini, air menggenangi permukiman sejak Minggu pukul 03.00 WIB. Wilayah ini merupakan langganan banjir, jika Sungai Kendal yang berada di samping permukiman meluap. Banjir kali ini merupakan yang pertama di tahun 2019 dan ketinggian air antara 30 centimeter hingga 70 centimeter.

Ahmad Waluyo, warga setempat mengatakan, hampir tiap tahun daerah ini selalu banjir. “Rumah warga yang belum ditinggikan dipastikan terendam dan air masuk ke dalam rumah. Warga berharap ada pengerukan sungai agar air tidak meluap ke rumah warga lagi,” katanya.

Warga lain mengatakan, ketinggian air kali ini cukup tinggi. Jika biasanya luapan Sungai Kendal hanya menggenangi jalan kampung saja, tetapi kali ini air masuk ke dalam rumah.

“Untuk mengurangi genangan air yang terus meninggi warga terpaksa menggunakan mesin pompa. Mesin pompa sudah dinyalakan sejak pukul 4 pagi namun air juga belum surut,” ucap Sunoko.

Hingga yminggu pagi belum ada warga yang mengungsi akibat banjir ini, kebanyakan warga masih memilih bertahan di dalam rumah. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.