Lonjakan Penumpang Kereta di Jateng 470 ribu Orang

Saat ini ketersediaan tiket perjalanan kereta untuk Natal dan Tahun Baru masih ada 65-70 persen.

SEMARANG- Penumpang kereta api yang berangkat dari Semarang saat Natal 2018 dan Tahun 2019 diprediksi naik empat persen atau 470 ribu orang.

KA Batara Kresna
Foto: metrojateng.com

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto menjelaskan terdapat dua pertemuan arus penumpang yang terjadi saat hari H Natal dan tepat saat pergantian tahun nanti.

“Jadi lonjakan penumpangnya selama Nataru sekitar 4 persen dibandingkan kondisi tahun lalu. Atau sama dengan 470 ribu penumpang. Karena nanti akan terjadi dua kali lonjakan penumpang pada 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 2019. Saat itu terjadi pertemuan dua arus penumpang dari timur ke barat dan dari barat ke timur,” kata Suprapto kepada metrojateng.com, Senin (3/12/2108).

Pihaknya sudah menyiapkan seluruh sarana dan prasarana penunjang perjalanan kereta. Di antaranya membenahi sejumlah fasilitas stasiun besar di wilayahnya mulai pencahayaan dan kursi-kursi lobi stasiun.

Selain itu, pihaknya juga membenahi jalur rel sepanjang Pantura Jateng. KAI, tambahnya juga memperbanyak jumlah perjalanan kereta api yang melintasi Daop 4 Semarang.

KAI juga mengopersionalkan KA Sindoro ekstra jurusan Semarang-Jakarta PP dan Argo Muria ekstra Semarang-Jakarta PP. “Ada pula penambahan empat perjalanan kereta. Untuk pemesanan tiketnya bisa dilayani 30 hari sebelum keberangkatan,” tuturnya.

Saat ini ketersediaan tiket perjalanan kereta untuk Natal dan Tahun Baru masih ada 65-70 persen. Pihaknya mempersilakan masyarakat menggunakan layanan online untuk memesan tiket kereta jarak jauh maupun jarak dekat. “Silakan pakai layanan pemesanan online,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.