Longsor Tutup Jalan Penghubung di Desa Kertomulyo

Warga yang hendak melintas menggunakan kendaraan atau sepeda harus memutar karena jalan ambles dan longsor.

KENDAL – Tergerus banjir Sungai Blorong, jalan penghubung tiga desa di Kecamatan Brangsong Kendal longsor dan terputus. Warga yang hendak melintas jalan ini terpaksa memutar sejauh lebih dari dua kilometer, sedangkan anak-anak sekolah harus melalui jalan setapak yang licin dan berlumpur.

Jalan penghubung dua desa di Kecamatan Brangsong Kendal tergerus longsor Sungai Blorong dan terputus. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kondisi jalan penghubung di Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong Kendal ini tidak bisa dilalui kendaraan. Jalan longsor akibat tergerus banjir Sungai Blorong akhir pekan lalu. Hujan yang mulai mengguyur wilayah Kendal membuat jalan semakin longsor dan kini terputus tidak bisa dilalui.

Warga yang hendak melintas menggunakan kendaraan atau sepeda harus memutar karena jalan ambles dan longsor. Sedangkan warga yang jalan kaki masih bisa melalui jalan ini meski harus melintas jalan setapak yang licin dan berlumpur.

Jalan ini merupakan akses terdekat ke pusat kecamatan, akibat jalan terputus warga harus memutar sejauh dua kilometer melalui jalan lain dan melintasi jembatan bambu. Salah satu  warga, Suroso mengatakan jalan ini sudah longsor sekitar satu minggu,  namun tidak terlalu parah dan masih bisa dilalui.

“Longsor awalnya sedikit dan bisa dilalui, tapi tambah parah seiring hujan yang mulai mengguyur dan banjir dari Sungai Blorong yang mengikis tanggul sungai. Panjang jalan yang longsor dan amblas sepanjang 15 meter dan tanah disekitarnya mulai retak,” jelas Suroso, Selasa (4/12/2018).

Dihubungi terpisah Sekretaris Desa  Kertomulyo, Sukodiyono mengatakan,  akibat putusnya jalan ini aktivitas warga terganggu terutama anak sekolah harus memutar. “Dari pemerintah desa sudah memberikan laporan pada  Camat Brangsong dan segera akan dilakukan perbaikan darurat agar aktivitas warga kembali normal,” katanya.

Sukodiyono menambahkan, tanggul desa dan jalan tersebut akan dipasang bronjong namun karena longsor pekerjaan dihentikan. Diharapkan pemerintah segera memperbaiki jalan  sebab jalan tersebut karena ini jalan utama Desa Kertomulyo. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.