Longsor Terdeteksi, Jalur Evakuasi 10 Kabupaten Dikebut

Longsor terjadi di Batang, Desember 2017. (foto: metrojateng)

 

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini mendapat kenaikan alokasi dana penanggulangan bencana mencapai Rp 38 miliar dari kondisi tahun lalu masih sebesar Rp 21 miliar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana menyatakan tambahan alokasi dana kebencanaan tersebut nantinya digunakan untuk mengebut pembuatan jalur evakuasi di daerah rawan bencana tsunami dan erupsi gunung berapi yang tersebar di 10 kabupaten.

“Alokasi dana Rp 38 miliar itu akan kita gunakan untuk pengadaan logistik mitigasi, pemasangan jalur evakuasi bencana di 10 kabupaten termasuk Desa Widoro Payung Cilacap, membeli peralatan EWS senilai Rp 1 miliar ditambah sebagai dana kegiatan sosialisasi potensi kebencanaan,” ungkapnya, Rabu (7/2).

Di awal bulan ini saja, pihaknya mendeteksi adanya sejumlah daerah yang rawan terkena bencana longsor. Daerah-daerah tersebut antara lain Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Karanganyar, Cilacap, Kabupaten Pekalongan, Cilacap, Kudus, dan Wonogiri.

Lebih jauh lagi, ia menyebut tingkat kerawanan longsor di lokasi itu tergolong cukup tinggi mengingat perubahan cuaca yang terjadi semakin tidak menentu.

“Apalagi pergantian cuacanya sangat cepat. Saat siang kadang panas sekali, tetapi ketika malam berubah jadi hujan dan angin kencang. Tentunya ini membuat daerah tersebut rawan terjadi longsor sampai akhir Februari,” jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada semua perangkat desa untuk diminta mengamankan warganya saat hujan lebat terjadi pada malam hari. Untuk saat ini, semua kebutuhan logistik sudah dikirim dan distok di 35 kabupaten/kota.

“Bisa dicek langsung ke setiap gudang logistik BPBD tiap daerah, jika ada yang hilang berarti ada yang bermain logistik,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.