Limbah Plastik Bisa Diolah Jadi Paving Block

Kebijakan pemerintah harus menuju zero kantong plastik.

Politisi NasDem, Lestari Moerdijat. (metrojateng.com)

 

SEMARANG – Limbah sampah plastik sejauh ini masih menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan. Hal itu diperlukan upaya pengendalian secara sistematis dan efektif.

Politisi NasDem, Lestari Moerdijat mendorong agar permasalahan sampah plastik ini dapat dikurangi dengan cara kreatif. Salah satunya inovasi daur ulang limbah plastik menjadi paving block. Sehingga penggunaannya bisa tepat guna bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Harapan saya, kebijakan kantong plastik berbayar ini selaras dengan komitmen Partai NasDem yang sedang giat mengampanyekan slogan ‘sayangi bumi dengan ‘diet’ plastik’ di berbagai pelosok di tanah air,” tutur Rerei, Jumat (22/3/2019).

Ia meminta pemerintah memberlakukan aturan kantong plastik berbayar dengan penanganan yang lebih sistematis, terpadu, dan komprehensif. Kebijakan pemerintah harus menuju zero kantong plastik.

Namun, ia tak memungkiri bila aturan itu butuh waktu dan menghadapi sejumlah kendala.

Terlebih lagi, aturan kantong plastik berbayar per 1 Maret lalu masih menimbulkan polemik. Pro kontra terutama bagi stakeholder terkait. Mulai menyangkut faktor konseptual, regulasi maupun operasional di lapangan.

Karena itu, sudah saatnya seluruh stakeholder kembali duduk bersama merumuskan dan menyatukan sikap serta pandangan tentang kebijakan kantong plastik berbayar.

“Khususnya dari sisi konseptual, otorisasi, regulasi, dan operasional yang komprehensif,” jelasnya.

Ia mengimbau konsumen perlu beralih kepada wadah yang lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan dengan awet.

Kampanye pengelolaan kantong plastik telah menyasar warga Semarang. Di Pasar Johar Baru misalnya, kader NasDem Jawa Tengah gencar menyosialisasikan diet plastik.

Di Kendal juga ada hal serupa. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyambangi Pantai Sendang Sikucing.

Menurut Rerei, tujuan kegiatan tersebut demi memberi informasi tentang dampak ketergantungan konsumsi plastik bagi lingkungan hidup dan mengedukasi warga untuk beralih ke bahan ramah lingkungan.

Caleg NasDem Dapil Jawa Tengah II (Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Demak) tersebut berjanji akan mengajak warganya memanfaatkan sampah plastik menjadi paving block. Supaya sampah bisa daur ulang untuk pembangunan lingkungan. (far)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.