Lima dari Enam Pelaku Pembobol Mesin ATM di Dor

Modus Operandi Mengebor dan Melas Mesin ATM

Bobol ATM- Enam pelaku pembobol beberapa ATM berhasiil diringkus petugas Polda Jateng . (ono)

 

SEMARANG(, METROJATENG.COM – Enam pelaku  aksi pembobolan mesin ATM dengan cara dibor dan di las di daerah Grobogan,Demak Ungaran dan Semarang    berhasil ditangkap peetugas Polda Jateng. Penyidik Dit Reskrimum Polda Jateng, Jumat (1/10) atas keberhasilan itu selain meringkus enam pelaku, lima diantaranya dilumpuhkan dengan tembakan pada bagian kaki.

Selain menangkap 6 tersangka, petugas juga menyita alat bor ,alat las, tabung gas untuk mengelas, kendaraan truk dan roda empat serta sejumlah uang. Keenam pelaku Mas alias Apung(41), Muh alias Apuy(44), keduanya asal Lebak Banten, Mun alias Najjat(46) , Suy alias Yadi (46)
Abd alias Nonong(44), ketiganya asal Tegowanu Grobogan dan AMM alias Asep(52), sebagai otak asal
Pancoran Mas, Kota Depok(Jabar).

Dir Reskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro pada gelar kasus, Jumat (1/10) menjelaskan ulah komplotan penjahat spesiali pembobol mesim ATM dengan cara mengebor dan mengelas cukup meresahkan khusus pihak perbankan. Ia menyebutkan sementara ini dalam tiga pekan terakhir mulai 10 September 2021, komplotan Asep Cs membobol di empat TKP dengan hasil Rp. 947.150.000,. Adapun, ke empat TKP meliputi ATM Kantor Kas Bank BPD Jateng di Godong, Purwodadi, ATM Bank CIMB Niaga yang terletak di dalam Swalayan Indomaret, Desa Kembangarum, Kecamatan Mranggen, Demak,ATM Bank  BRI di depan Samsat Ungaran dan ATM Bank BPD Jateng di dalam Swalayan Indomaret Gunungpati, Semarang. DI ATM Bank BPD itu, para pelaku memperoleh hasil paling banyak Rp 850 juta.

Menurut Dir Reskrimum para pelaku dalam aksinya mempunyai peran dan tugas masing masing mulai juru gambar, pencari/pengandaan kendaraan,termasuk truk yang dipakai untuk penghalang saat beraksi. Pengebor mesin ATM maupun pengaswas di sekitar lokasi yang dijadikan sasaran.

Terungkapnya ulah komplotan Pencoleng spesialis pembobol mesin ATM bermula dari laporan pembobolan ATM Bank CIMB Niaga di dalam Swalayan Indomaret, Mranggen. Dari laporan kasus pembobolan ATM CIMB dengan kerugian Rp 97 juta pada Minggu(12/9) pagi sekitar jam O4.00, Dit Reskrimum melakukan pelacakan. Kerja keas tidak mengenal waktu telah mengendus identitas diantara pelaku yang tinggal menyebar di daerah Grobogan, Lebak Banten maupun Jawa Barat.

Menurut Dir Reskrimum mengingat orang orang yang dicurigai tinggal di tempat terpisah, pihaknya berbagi tugas untuk memudahkan pencarian. Ahirnya semua pelaku dibekuk .

” Semua pelaku berhasil dibekuk tanpa ada PR”, ungkapnya. Walau, semua pelaku ditangkap, pihaknya masih terus mengembangkan kemungkinan pelaku beraksi di tempat lain. 

Kombes Pol Djuhandani menjelaskan pemanfaatan uang hasil kejahatan tiap pelaku berbeda. Ada,yang  untuk kebutuhan sehari-hari dan bersenang senang, juga ada untuk membeli sebidang tanah maupun rumah. Semua pengakuan para tersangka terus di dalami penyidik. (ono)

Didor – Pelaku pembobolan ATM ditangkap setelah dilumpuhkan kakinya dengan timah panas.(ono)
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.