Libur Akhir Tahun, Perhatikan Lokasi Rawan Macet di Magelang

Diperkirakan, puncak kepadatan arus lalu lintas akan terjadi pada 31 Desember mendatang.

MAGELANG – Bupati Magelang Zaenal Arifin memastikan keamanan dan ketersediaan stok kebutuhan dasar menjelang akhir tahun 2018 stabil. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan hal itu.

Bupati Magelang meninjau posko pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mertoyudan, Rabu (26/12/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Saya menginginkan agar warga baik yang tinggal maupun dari luar kota yang datang ke Magelang, merasakan kegembiraan terutama dalam merayakan Natal dan Tahun Baru,” kata Bupati di sela-sela meninjau pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 di Mertoyudan, Rabu (26/12/2018).

“Dari hasil pantauan di beberapa pos pengamanan, kita lihat semua dalam keadaan aman dan terkendali,” ungkapnya.

Dikatakan pula, meskipun saat ini musim hujan dan sering terjadi bencana di wilayah Kabupaten Magelang, namun pihak terkait dalam hal ini BPBD sudah siap menghadapinya. Bahkan secara khusus BPBD juga telah melakukan rapat koordinasi baik dengan TNI, Polri maupun relawan, untuk selalu siaga menghadapi bencana.

Pihaknya juga memastikan stok kebutuhan dasar untuk masyarakat juga masih terkondisi aman. Seperti stok BBM dan juga LPG. Bahkan stok beras di gudang Bulog mencapai 8.500 ton atau sampai bulan Februari 2019 mendatang.

Untuk Ketersediaan gas juga tercukupi. Bahkan pemerintah akan terus memantau soal harga LPG agar tidak melebihi HET. Demikian juga dengan harga sembako juga terus dipantau.

“Kalau naik wajarlah, namun tidak boleh di atas 10 persen. Apabila sudah di atas 10 persen, maka Pemda akan melakukan intervensi. Untuk saat ini karena semua aman, maka tidak perlu ada operasi pasar,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Joko Cahyono menambahkan, menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya sudah menyiapkan banyak jalur alternatif. Seperti arah menuju Temanggung, Semarang ataupun Boyolali.

Pihaknya juga memasang rambu-rambu agar pengguna jalan lebih tertib. “Kemarin yang di Secang sempat rusak, namun sudah kita perbaiki,” terangnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa ruas jalur jalan yang rawan macet, seperti Muntilan dan Secang yang mengarah ke Temanggung. Sedangkan untuk kepadatan selama libur ini ada di jalur jalan menuju kawasan obyek wisata Candi Borobudur.

Diperkirakan, puncak kepadatan arus lalu lintas akan terjadi pada 31 Desember mendatang. Sedangkan sebelumnya pada 23-24 Desember 2018. (MJ-24).

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.