Lestarikan Budaya Indonesia, Siswa Baru SMA Negeri 3 Semarang Eksplorasi Kerajinan Kuda Lumping

Selain melestarikan budaya Indonesia, pembuatan kerajinan tersebut juga bermaksud agar para siswa baru saling mengenal satu sama lain.

SEMARANG – Guna melestarikan kebudayaan Indonesia, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Semarang diisi dengan membuat kerajinan kuda lumping. Hal itu dilakukan mulai dari menganyam bambu hingga menghiasnya dengan cat dan tali rafia.

Ketua Pelaksana MPLS SMA Negeri 3 Semarang, Imam Yudha Dewantara mengatakan kali ini kuda lumping menjadi kreasi inovasi yang dipilih. Kreasi inovasi menjadi sub kegiatan yang wajib di setiap penyelenggaraan MPLS di sekolah tersebut, dengan beragam kerajinan yang diangkat.

“Memang setiap tahun pasti ada kreasi inovasi, dan selalu mengangkat budaya Indonesia. Tahun lalu membuat wayang, dua tahun lalu membuat batik,” kata Imam, Selasa (16/7/2019).

Ia juga mengatakan selain melestarikan budaya Indonesia, pembuatan kerajinan tersebut juga bermaksud agar para siswa baru saling mengenal satu sama lain. Pasalnya pembuatan kerajinan tersebut dikerjakan secara berkelompok.

“Memang selain untuk melestarikan juga agar mereka berjejaring, saling mengenal satu lain karena berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Selain itu juga akan membentuk semangat kerjasama antar siswa baru,” imbuh Imam.

Kali ini, SMA Negeri 3 Semarang menerima 408 siswa baru. Di mana dalam MPLS ini dibagi menjadi 12 kelompok. Kegiatan MPLS sudah dimulai sejak Senin (15/7/2019) kemarin yang diawali dengan perkenalan dan pembekalan. Di hari kedua diawali dengan pelatihan baris berbaris yang dipandu oleh para senior dan dilanjut dengan kreasi inovasi.

“MPLS ini dilaksanakan tiga hari dan sudah mulai dari kemarin. Setiap harinya kami selesai pukul 15.00 dengan berbagai kegiatan termasuk karya inovasi yang setiap tahun pasti berbeda ini. Semoga dengan adanya MPLS ini juga membentuk siswa baru menjadi lebih mengenal lingkungan sekolah serta mengenal sesama siswa satu sama lain,” ujar salah satu Dewan Pembina SMA Negeri 3 Semarang, Pujiono.

MPLS di SMA Negeri 3 Semarang dilaksanakan hingga Rabu (17/7/2019). Di mana berbagai macam kegiatan seperti pemaparan materi tentang sekolah, perkenalan ekstrakulikuler, menghias perisai bergambar logo SMA Negeri 3 Semarang, dan ditutup dengan pertunjukan kuda di penghujung acara. (fen)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.