Lepas Manasik Calhaj, Dedy Yon Minta Didoakan Amanah Memimpin Kota Tegal

Dedy juga berpesan, agar selama di Tanah suci Mekkah para calhaj mampu menjaga kesabarannya.

TEGAL – Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono minta didoakan kepada jemaah calon haji (calhaj). Hal tersebut diutarakan Dedy saat melepas 295 calhaj dalam rangkaian manasik haji 2019, Sabtu (6/7/2019).

Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono berjabat tangan dengan para calon jamaah haji sebelum dilepas melakukan manasik. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Doakan saya dan bapak Wakil Wali Kota, M Jumadi agar bisa menjaga amanah rakyat untuk memimpin Kota Tegal yang kita cintai,” pinta Dedy.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Dedy juga berpesan, agar selama di Tanah suci Mekkah para calhaj mampu menjaga kesabarannya. Sebab, pada saat pelaksanaan nanti, akan berbarengan dengan seluruh umat Muslim dari segala penjuru dunia.

Sudah barang tentu, dalam pelaksanaan akan terjadi beberapa kekurangan dan ketidaksempurnaan. Meski, penyelenggara telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan profesional.

“Iman dan kesabaran akan digembleng selama 40 hari di sana. Jaga hati bapak ibu sekalian, sebisa mungkin tidak mengeluh,” pesan Dedy.

Selain menjaga kesabaran, para calhaj juga diharapkan bisa saling mengingatkan dan saling tolong menolong dengan calhaj lainnya. Terutama bagi calhaj yang sudah memasuki lanjut usia atau lansia

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Ahmad Farhan mengemukakan, manasik haji tingkat kota ini digelar, sebagai pengetahuan bagi calhaj tentang syarat dan rukun haji. Meski pada sebelumnya para calhaj telah melaksanakan pada kelompok bimbingan masing-masing.

“Urutan manasik se-Kota Tegal dibuat sedetail mungkin, seperti di Mekkah dan Madinah,” pungkasnya.

Ditambahkan dia, jumlah jemaah haji Kota Tegal pada 2019 ini mencapai 295 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter). Di antaranya yakni, kloter 40 dengan jumlah 115 orang dan kloter 41 dengan jumlah 180 orang.

Adapun kedua kloter tersebut, direncanakan akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan di Boyolali masing-masing pada tanggal 17 Juli pukul 23.30 WIB bagi kloter 40 dan 18 Juli pukul 09.00 WIB bagi kloter 41. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.