Ledakan di Mako Brimob Srondol dari Gudang Amunisi Sisa Perang

Peristiwa diawali dari ledakan kecil sebanyak tiga kali mulai pukul 07.00. Kemudian ada satu kali ledakan besar dan beberapa ledakan kecil lain mulai pukul 07.45 sampai pukul 08.00.

SEMARANG – Ledakan di Mako Brimob Srondol ternyata berasal dari gudang penyimpanan bahan peledak dan bom militer hasil temuan dari masyarakat. Belum diketahui secara pasti terkait penyebab atau pemicu ledakan tersebut. Hingga saat ini proses pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran masih berlangsung.

Suasana pasca ledakan di gudang penyimpanan senjata Mako Brimob Srondol. Foto: metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar

“Hari ini sekira pukul 07.00, benar telah terjadi ledakan di gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom militer temuan dari masyarakat. Bom dan bahan peledak ini sebenarnya dalam proses disposal yang dikerjakan di bawah komando Korps Brimob,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang turun langsung ke lokasi kejadian, Sabtu (14/9/2019).

Rycko juga membeberkan kronologi singkat terkait kejadian pagi tadi. Menurutnya, peristiwa diawali dari ledakan kecil sebanyak tiga kali mulai pukul 07.00. Kemudian ada satu kali ledakan besar dan beberapa ledakan kecil lain mulai pukul 07.45 sampai pukul 08.00.

“Sejak pukul 08.00 sampai sekarang sudah tidak ada ledakan lagi,” ungkapnya.

Belum diketahui secara pasti terkait penyebab ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak sisa perang yang ditemukan masyarakat tersebut.

Sejumlah bangunan mengalami kerusakan akibat ledakan di gudang amunisi Mako Brimob Srondol. Foto: dok Istimewa

“Saat ini lokasi ledakan masih dilakukan pengamanan dan pendinginan untuk bisa ditentukan apakah lokasi sudah aman atau tidak untuk dilakukan olah TKP,” kata Rycko.

Diberitakan sebelumnya, ledakan hebat terjadi di Mako Brimob Polda Jateng yang berada di Jalan Jenderal Polisi Anton Sujarwo, Srondol, Semarang, Sabtu (14/9/2019) pagi. Ledakan tersebut terjadi beberapa kali. Awalnya warga ada yang sempat mengira kalau suara ledakan berasal dari anggota Brimob yang latihan. (aka)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.