Lebaran, Keraton Solo Bagikan 430 Zakat Fitrah

Ditujukan untuk Abdi Dalem

Zakat fitrah tersebut merupakan patungan dari sentana (kerabat) yang peduli dengan abdi-abdi dalem Keraton Surakarta

SOLO – Keraton Kasunanan Surakarta menyalurkan zakat fitrah kepada ratusan abdi dalem dan sentana kerabat di Kompleks Pagelaran Surakarta. Penyaluran zakat fitrah tersebut menjadi kebiasaan keraton sejak dulu menjelang hari Raya Idul Fitri.

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasuanan Surakarta, GKR Wandansari secara simbolis menyerahkan zakat ditrah kepada abdi dalem. (foto: metrojateng/MJ-25)

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasuanan Surakarta, GKR Wandansari mengatakan penyerahan zakat fitrah ini diserahakan kepada 430 abdi dalem baik yang ada di dalam Keraton maupun yang bertugas di luar Keraton. 

“Zakat fitrah ini sudah sejak dulu. Karena ini adalah kewajiban Keraton Surakarta sebagai Kerajaan Mataram Islam,”ujarnya, Senin (3/5/19).

Gusti Moeng menambahkan zakat fitrah tersebut merupakan patungan dari sentana (kerabat) yang peduli dengan abdi-abdi dalem Keraton Surakarta. Penyaluran sengaja menyasar abdi dalem yang sudah mengabdi bertahun-tahun karena kondisi ekonomi mereka memang diakui masih lemah.

Acara penyerahan zakat fitrah ini dimulai sekitar pukul 16.30 WIBdan diakhir dengan acara buka puasa bersama. Salah satu abdi dalem, Sri Karsini (73) mengaku sangat senang telah menerima zakat fitrah tersebut. Meski nilainya tak seberapa, abdi dalem bidang Adi Busana itu merasa pemberian tersebut sangat berarti.

“Yang penting kebersamaannya ini. Walaupun nggak banyak ya dicukup-cukupkan,” ujarnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.