Layanan Digital BPJS Kesehatan Menjadi Keunggulan Untuk #dirumahaja

Semarang, – Masifnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) sebagai pandemic global sebagaimana Presiden Republik Indonesia telah menghimbau dalam keterangan pers pada 15 maret 2020 menyatakan bahwa kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan ibadah di rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

 

Namun hal tersebut tidak menyurutkan BPJS Kesehatan Cabang Semarang untuk terus memberikan pelayanan prima di tengah keterbatasan kontak langsung dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan selama masa pandemic Covid 19. Sejak tanggal 19 Maret 2020 BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap menerima pelayanan administrasi kepesertaan namun terbatas untuk pendaftaran peserta baru Pekerja Penerima Upah (PPU) khusus Pegawai Negeri, perubahan data peserta PBI, perubahan FKTP peserta PBI, pendaftaran bayi baru lahir peserta PBI, dan pengaduan peserta.

 

 

“Seluruh kantor BPJS Kesehatan telah menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 baik di ruang kerja ataupun di ruang pelayanan peserta seperti pengukuran suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer serta sarana cuci tangan di depan kantor sebelum peserta memasuki ruangan kantor”, tutur I Gusti Ayu Mirah S selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang.

 

 

Aturan social distancing juga diterapkan baik bagi peserta maupun pegawai di kantor sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan di seluruh lingkungan kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang. Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut potensi penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir.

 

Vina (30) warga kota Semarang ini merasa terbantu adanya layanan digital, “Saya kebetulan memang pengguna aktif aplikasi Mobile JKN, menurut saya di saat pandemic seperti ini memang peserta sangat membutuhkan aplikasi ini cepat dan ringkas untuk melihat kartu KIS Digital saya maupun mengecek iuran”, tuturnya.

 

 

Adapun beberapa layanan yang dapat diakses melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400 dan Aplikasi Mobile JKN seperti Layanan pendaftaran peserta, penambahan anggota keluarga perubahan kelas rawat serta perubahan identitas peserta peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

 

 

Bahkan peserta juga dapat mengakses layanan informasi dan pengaduan peserta melalui Chat Asistant JKN-KIS (Chika) di nomor 08118750400 serta dapat juga melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan RI, dan Telegram BPJSKes_bot.

 

 

“Beruntungnya kami sudah membangun aplikasi pelayanan kepsertaan secara digital, sehingga ditengah-tengah pandemic seperti sekarang ini pelayanan peserta tetap dapat dilaksanakan dimanapun peserta berada tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan”, tutup Mirah.(zav)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.