Launching BRT Banyumas-Purbalingga Tunggu Ganjar

Seluruh shelter yang berjumlah 46 sudah siap dioperasikan, namun armada bus baru 60 persen.

BANYUMAS – Launching Bus Rapid Transit (BRT) koridor 1 Purwokerto-Purbalingga masih menunggu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Rencana peresmian yang semula 9 Agustus pun masih belum pasti.

Shelter BRT Banyumas
Salah satu shelter BRT di Purwokerto. Launching BRT Purwokerto-Purbalingga tunggu Gubernur Ganjar. Foto: metrojateng.com

Hasil itu didapat Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Tryono saat mengikuti rapat terakhir di Dishub Provinsi Jateng. Meski launching masih menunggu jadwal Gubernur ke Banyumas, namun persiapan sudah 100 persen.

Untuk total shelter yang sudah terpasang dan siap digunakan berjumlah 46. Sebanyak 25 shelter di Banyumas dan 21 Shelter di Purbalingga.

“Shelter yang dibangun dari Dinas Perhubungan Provinsi sudah semuanya rampung, tinggal memasang shelter di sejumlah titik dari Dishub Banyumas. Titik tambahannya, di antaranya Akper Yakpermas, Masjid Mujahidin, UMP kampus 2, SMP 2 Sokaraja,” katanya.

Selain sejumlah shelter yang siap digunakan, penyediaan armada bus sudah siap 60 persen. Nantinya, usai launching penumpang masih bayar di dalam bus dengan mesin EDC.

Untuk jam operasional, direncanakan akan mulai pukul 06.00 WIB sampai 19.00 WIB. “Ini masih uji coba untuk waktu aktivitasnya, jika dibutuhkan lebih pagi kita akan menjadwalkan ulang keberangkatan bus,” terangnya.

BACA JUGA: Segera Meluncur di Banyumas, BRT Disambut Antusias

Taryono menambahkan, untuk tarif naik BRT bagi pelajar dan buruh dikenakan tarif sebesar Rp 2 ribu, sedang untuk masyarakat umum dikenakan tarif Rp 4 ribu.

Seperti diketahui, total shelter yang dibangun untuk BRT Koridor I rute Banyumas-Purbalingga berjumlah 46 shelter. Adapun shelter yang dibangun di wilayah Banyumas, di antaranya di Terminal Bulupitu, SPBU Candi Mas, Depo Pelita, SMP N 1 Sokaraja, Simpang 4 Klenteng, SMA N 1 Sokaraja, dan batas kota Jompo.

Sementara, dari arah Purbalingga-Purwokerto yakni di SMA N 1 Sokaraja, Rumah Sakit Orthopedi, Rumah Sakit Margono Soekarjo, Simpang Empat Pancurawis, Simpang Empat Karangbawang, Andang Pangrenan, Bioskop Rajawali, Radio RRI, Rita Supermall, Pasar Manis, SMP Bruderan, SMA N 1 Purwokerto, Bank Mandiri, Bioskop Rajawali, Andang Pangrenan, dan Simpang Empat Karangbawang. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.