Lapas Brebes Disidak BNN, 60 Napi Jalani Tes Urine

Sesuai peraturan Kemenkumham, napi yang kedapatan mengonsumsi narkoba tidak akan mendapatkan remisi tahunan.

BREBES – Puluhan narapidana narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Brebes, digeledah satu persatu dan diperiksa barang bawaannya oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Brebes, Rabu (24/4/2019) pagi.

Petugas BNN Kabupaten Brebes menggeledah narapidana dan kamar tahanan narkoba di Lapas Kelas II B Brebes. Foto: metrojateng.com/adithya

Tak hanya menggeledah kamar dan napi saja, petugas juga melakukan tes urine terhadap 60 narapidana narkoba, untuk mengetahui ada tidaknya kandungan narkoba. Dari hasil penggeledahan petugas, belum ditemukan adanya narkoba dan zat psikotropika yang disimpan narapidana.

Ketua Tim Operasi BNN Kabupaten Brebes, Yan Klaster Naibaho mengatakan, razia narkoba ini dilakukan guna mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas. Dari 60 narapidana yang menjalani tes urine, semuanya dinyatakan negatif. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan secara rutin.

“Sudah diperiksa secara detail oleh petugas kami, baik di kamar, menggeledah para napi dan dites urine. Kali ini belum ada hasil, namun kami akan terus memantau,” kata Yan kepada metrojateng.com.

Razia narkoba yang dilakukan BNN Brebes, sempat membuat sejumlah napi narkoba kaget. Namun mereka hanya pasrah mengikuti pemeriksaan petugas. Sesuai peraturan Kemenkumham, napi yang kedapatan mengonsumsi narkoba tidak akan mendapatkan remisi tahunan.

Sementara itu, Kalapas Brebes, Teddy Haryanto mengemukakan, razia narkoba penghuni lapas berlangsung tertib, tanpa perlawanan. Pihaknya juga mendukung langkah yang dilakukan BNN untuk memeriksa para napi.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan BNN ini. Tentunya untuk menjamin Lapas Brebes, bebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” tutupnya. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.