Laksana Uji Keamanan Kursi Penumpang

Terapkan Standar UN ECE-R80

Faktor kekuatan kursi serta dudukan kursi untuk kendaraan penumpang juga memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin keselamatan.

SEMARANG – Laksana meningkatkan sistem keamanan pada kursi yang terpasang pada struktur bus. Perusahaan penyedia transportasi massal tersebut berkomitmen untuk menciptakan kendaraan bus yang memiliki tingkat keamanan bertaraf dunia sesuai ketentuan UN-ECE R80.

Launching Implementasi Uji Kekuatan Kursi Bus dan Kekuatan Pemasangan ke Struktur Bus (Seat and Anchorage Strength Test) sesuai ketentuan UN-ECE R80, Kamis (11/7/2019). Foto: dokumentasi

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman mengatakan, faktor safety pada sarana transportasi massal merupakan salah satu hal yang paling utama untuk diterapkan. Salah satunya adalah faktor kekuatan kursi penumpang serta kekuatan kursi tersebut terpasang pada struktur bus.

“Inovasi yang berkelanjutan merupakan komitmen kami. Setiap bus produksi Laksana selalu mengutamakan safety yang dilengkapi dengan beragam standar pengujian yang begitu ketat dan tinggi untuk menjamin keselamatan serta kenyamanan penggunanya,” kata Stefan Arman di sela launching Implementasi Uji Kekuatan Kursi Bus dan Kekuatan Pemasangan ke Struktur Bus (Seat and Anchorage Strength Test) sesuai ketentuan UN-ECE R80, Kamis (11/7/2019).

Dia menambahkan, melihat beberapa kasus kecelakaan angkutan massal bus seperti yang terjadi pada kecelakaan bus di Cikidang, Sukabumi dan Cisarua, Puncak, Bogor di mana kursi-kursi penumpang hampir semua terlepas sehingga mengakibatkan banyaknya korban luka maupun meninggal. Itu menunjukkan bahwa faktor kekuatan kursi serta dudukan kursi untuk kendaraan penumpang juga memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin keselamatan serta kenyamananan para penumpang.

UN ECE-R80 “Seat and Anchorage Strength Test” merupakan standar pengujian kendaraan yang berlaku di negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). “Setelah tahun lalu berhasil menerapkan uji guling, kini Laksana menerapkan standar untuk menguji kekuatan dari kursi dan dudukan kursi untuk kendaraan penumpang,” imbuhnya.

“Penerapan uji R80 ini sejalan dengan misi Laksana untuk menciptakan sebuah kendaraan bus yang memiliki tingkat keamanan bertaraf dunia. Oleh karena itu sebagai bukti keseriusan komitmen Laksana akan safety dari setiap produk bus yang dihasilkan, kami secara resmi memperkenalkan uji R80,” lanjut Arman.

Ke depan Laksana akan terus berinovasi berkolaborasi bersama para stakeholder industri transportasi darat untuk terus melakukan pengembangan produk bus yang memprioritaskan keamanan para penumpang. (*)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.