Kurangi Sampah Plastik, Takmir Masjid di Magelang Diimbau Gunakan Besek

Seluruh masyarakat kabupaten Magelang bisa menjadi agen-agen untuk menekan jumlah sampah terutama sampah plastik.

MAGELANG – Bupati Magelang Zaenal Arifin mengimbau kepada seluruh takmir masjid di wilayahnya agar menggunakan besek dan daun pisang untuk tempat daging kurban. Himbauan itu dituangkan dalam surat edaran yang sudah mulai dikirimkan.

Bupati Magelang Zaenal Arifin. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Imbauan ini kita sampaikan agar sampah plastik semakin dikurangi,” katanya, Rabu (7/8/2019).

Zaenal mengatakan, dirinya sudah minta kepada sekda untuk segera menindaklanjuti penggunakan besek dan daun pisang saat hari raya Idul Adha. Selain lebih hiegenis, juga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat.

Bupati ingin agar seluruh masyarakat kabupaten Magelang bisa menjadi agen-agen untuk menekan jumlah sampah terutama sampah plastik, termasuk di kelembagaan pemerintah daerah.

Ia juga minta saat dilaksanakan rapat, hendaknya suguhan meninggalkan sampah plastik. “Kalau harus pakai lepek ya tidak apa-apa, untuk minum menggunakan gelas saja. Kita harus bisa menjadi teladan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bila penduduk di Kabupaten Magelang yang berjumlah kurang lebih 1,28 juta jiwa dan sumbangan sampah per orangnya 0,5 Kg perhari, maka dalam satu bulan akan terkumpul ratusan ton sampah.

Volume sampah sebanyak itu tidak akan pernah bisa di tampung dengan lahan seluas apapun. “Jadi mulai dari diri kita sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik setiap harinya,” tukas Zaenal. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.