Kurangi Kecelakaan, Siswi SMA di Solo Ciptakan ‘Sepeda Cerdas’

Alat bikinan Rona tersebut dilengkapi sensor cahaya dan sensor jarak yang dipasang di depan dan belakang sepeda untuk mengetahui keberadaan kendaraan di sekitarnya

SOLO – Rona Nisrina Fikri, siswi XI SMA Al Islam Solo berhasil menciptakan alat keselamatan bagi pengendara sepeda onthel. Alat yang disebut artificial intelligent bicycle atau sepeda masyarakat unggul cerdas aman (Smalsa) ini berfungsi untuk mengurangi potensi kecelakaan bagi pengguna sepeda.

Artificial intelligence bicycle ciptaan siswa Al Islam Solo juga dilengkapi helm cerdas untuk membantu pengendara sepeda saat berbelok. Foto: metrojateng.com

Rona mangatakan ide pembuatan alat tersebut bermula karena dirinya kesulitan untuk menyeberang saat mengendarai sepeda ketika hendak berangkat dan pulang sekolah.

“Saya setiap pulang naik sepeda itu selalu kesulitan untuk menyeberang, karena banyak sepeda motor dan mobil yang tidak mau berhenti. Saya ciptakan alat ini biar pengguna sepeda motor dan mobil itu tahu kalau saya mau belok kanan atau kiri,” ujarnya usai presentasi dalam lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas di Dinas Perhubungan Kota Solo, Senin (24/6/2019).

Alat bikinan Rona tersebut dilengkapi sensor cahaya dan sensor jarak yang dipasang di depan dan belakang sepeda untuk mengetahui keberadaan kendaraan di sekitarnya.

“Kalau alat artificial intelligence ini dipasang di stang sepeda dan sudah touch screen. Kita juga bisa mengatur sendiri kecepatan dan menghidupkan lampu sepeda,” paparnya.

Ada juga helm cerdas untuk dipakai pengendara sepeda untuk menyalakan sein. Helm tersebut diberi sensor gerak agar pengendara sepeda tidak kerepotan untuk berbelok.

“Caranya, kalau pengendara ingin belok ke kanan tinggal menoleh saja ke kanan, maka lampu sein di belakang akan menyala sendiri, begitu pun sebaliknya,” ungkapnya.

Rona berharap dengan adanya alat tersebut, siswa bisa lebih aman untuk memilih sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah.(MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.