Kurang Gizi Bisa Rontokkan Rambutmu

rambut rontok
sumber foto: Hellosehat.com

 

KERAP dijuluki sebagai mahkota kaum Hawa, membuat rambut menjadi harta yang berharga. Namun, kaum Adam pun menganggap hal yang sama. Jadi semua manusia memperlakukan rambut sebagai harta berharga yang ada pada anggota tubuh. Setuju?

Tetapi harta yang berharga pun jika tidak dijaga dan diperhatikan seperti anak sendiri akan hilang dengan sendirinya. Sama halnya dengan rambut, kerontokan sehelai dua helai masih dibilang wajar. Namun jika rontoknya sudah terlalu ekstrem perlu pertanyakan tuh apa penyebabnya. Nah di bawah ini merupakan penyebab kerontokan rambut yang suka dialami kaula muda.

 

Stress

Suka kepikiran mana hal yang harus kamu dahulukan? Bos yang suka marah-marah gak jelas, klient yang selalu minta revisi kerjaan, pacar yang selalu ingin dimengerti. Bikin pikiran jadi bercabang, hati-hati kamu akan mengalami fase stress yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut yang ekstrim.

 

Kekurangan asupan gizi

Diet boleh aja sih, cuman jika sampe mengurangi auspan gizi. Hal ini juga berpengaruh sama kesehatan rambut kalian. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti daging, ikan, jagung, ubi, kentang, labu, kacang polong, dan tentunya diimbangi dengan mengkonsumsi buah non sitrus yang mengandung minyak baik seperti Alpukat dan kacang-kacangan.

 

Terlalu sering menata rambut

Menata rambut setiap hari dengan memakai hair dryer dan catokan setiap hari dapat mengakibatkan rambut cepat rapuh dan susah tumbuh kembali karena terkena suhu panas langsung dan mewarnai rambut terlalu sering bisa menyebabkan rontok karena rambut terlalu sering terkena bahan kimia yang tidak menyehatkan untuk rambut. Untung menghindari hal tersebut cobalah untuk memakai conditioner saat mandi atau menggunakan hair protection ketika ingin

 

Berubahnya hormon

Hal ini kerap terjadi kepada perempuan  pasca melahirkan. Ketika hamil hormone ekstrogen yang meningkat membuat rambut terlihat tebal dan kuat. Namun setelah persalinan, hormone akan kembali normal, yang ditandai dengan terjadinya kerontokan rambut. Proses ini biasanya terjadi tiga sampai enam bulan menurut bidanku.com. Rambut baru pun akan mulai bertumbuh kembali 6 – 12 bulan setelah melahirkan. (Fitria Eka/dari berbagai sumber)

 

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.