Kurang Dukungan, KPU Jateng Tolak Dua Pendaftar Caleg DPD RI

SEMARANG – Jumlah pendaftar caleg DPD RI di Jawa Tengah telah mencapai 29 orang. Dari jumlah itu, dua pendaftar di antaranya terpaksa ditolak lantaran gagal menyerahkan dukungan minimal 5.000 dukungan suara di 18 kabupaten/kota.

Persyaratan Caleg DPD
Ilustrasi

Sebab, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2017 dan jumlah daftar pemilih tetap pemilu terakhir di Jawa Tengah lebih dari 15 juta jiwa, maka calon anggota DPD RI dengan daerah pemilihan Jateng yang mendaftar harus menyertakan bukti dukungan berupa salinan KTP sekurang-kurangnya 5.000 dukungan yang tersebar di minimal 18 kabupaten/kota.

Komisioner KPU Jawa Tengah Hakim Junaedi, mengatakan puluhan pendaftar anggota DPD itu berasal dari lintas profesi dan pendidikan.

Nama-nama pendaftar mulai Ahmad Niam Syukri, Mujjiburohman, Kholison, Abdul Kholik sampai Bambang Sadono dan GKR Ayu Koes Indriyah.

“Dua nama ditolak berkasnya saat mendaftar Kamis kemarin atas nama Syaiful Rohman dan Bin Subiyanto,” kata Hakim, Jumat (27/4).

Ia menjelaskan masih ada beberapa nama pendaftar yang sedang diproses berkasnya oleh KPU. Pendaftaran sudah ditutup pukul 24.00 WIB kemarin.

Proses pengecekan administrasi bakal dikerjakan 10 hari ke depan sebagai bukti valudasi pendaftaran dukungan calon anggota DPD RI.

“Jika nanti dari hasil pengecekan administrasi itu ada data-data yang tidak sesuai, maka kami akan mengurangi jumlah dukungan dari calon yang bersangkutan,” ungkapnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.