Kunjungan Wisatawan Mulai Dongkrak Okupansi Hotel Semarang

Kunjungan wisatawan ke Semarang meningkatkan okupansi hotel kurang lebih 10 persen.

Ilustrasi kamar hotel. (metrojateng.com)

 

SEMARANG – Pembangunan yang terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang dinilai mulai berimbas positif terhadap tingkat hunian hotel. Tingkat hunian kamar hotel-hotel yang ada di Ibu Kota Jateng dinilai mulai naik.

General Manajer Star Hotel, Benk Mintosih mengatakan, beberapa pembangunan, perbaikan dan penambahan destinasi wisata, berimbas positif pada kenaikan tingkat hunian kamar.

‘’Meski belum signifikan, namun tercatat setidaknya kunjungan wisatawan ke Semarang meningkatkan okupansi sekitar 10 persen,’’ ujarnya, Senin (4/3/2019).

Ia mengungkapkan, saat ini banyak hotel yang full booked saat weekend, suatu hal yang sangat menggembirakan. Padahal beberapa tahun sebelumnya hotel di Kota Semarang ini hanya penuh saat weekdays.

‘’Saat ini kalau akhir pekan banyak hotel penuh, sebelumnya kami hanya laku saat hari kerja. Kabarnya kalau weekend, tamu lebih suka berwisata ke luar kota daripada tinggal atau berwisata di Semarang,’’ terangnya.

Dampaknya saat itu banyak hotel yang menggelar promo menginap murah saat weekend. Tujuannya tak lain untuk meramaikan tingkat hunian mereka.

‘’Namun seiring dengan hadirnya beberapa spot wisata baru seperti Waduk Jatibarang, revitalisasi Kota Lama, Semarang Bridge Fountain serta banyaknya atraksi dan event di akhir pekan, Semarang makin ramai, hotel penuh dan ekonomi masyarakat terus bergulir,’’ kata Benk Mintosih.

Ditegaskan, pihak hotel akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang, untuk membuat Semarang semakin hebat.

Sementara General Manager Rooms Inc Hotel, Alan Yuslan menyatakan, rasa guyub dan kebersamaan hotel-hotel yang ada di Semarang juga terasa sangat kuat dan kental. Atmosfer seperti ini tidak dia temui saat dirinya menjadi pimpinan hotel di kota-kota lainnya.

Ia menyebutkan, hotel-hotel di Semarang lebih mengedepankan prinsip berkolaborasi daripada berkompetisi. Karena itu, dia berharap atmosfer seperti ini dan ditambah pembangunan yang terus dilakukan Pemkot Semarang, dapat terus memberikan kontribusi positif bagi tingkat hunian hotel di Semarang. (duh)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.