Kuliner Rembang, Cita Rasa Eksotis dari Pantai Utara Jawa

Lontong Tuyuhan. Foto: www.advhimalayan.com
Lontong Tuyuhan. Foto: www.advhimalayan.com

Berikut beberapa kuliner khas Rembang, sebuah kota eksotis di pantai utara Jawa, sebagaimana dikutip dari laman jatengprov.go.id:

Lontong Tuyuhan

Masakan khas Rembang yang telah dikenal oleh banyak orang. Lontong Tuyuhan memiliki cita rasa dan penyajian yang sedikit berbeda dengan sayur santan pada umumnya. Rasanya sedikit pedas dan disajikan dengan lauk potongan ayam kampung yang berukuran jumbo. Pusat kuliner Lontong Tuyuhan terletak di tepi jalan desa Tuyuhan jurusan Lasem-Pandan.

Sate Srepeh

Tidak lengkap rasanya jika melewati pantai utara Rembang tanpa mencicipi kuliner Sate Srepeh di kawasan Pecinan Jl. Dr. Wahidin. Makanan ini hanya dapat dijumpai di pagi hari. Sate Srepeh berbahan daging ayam yang diiris tipis-tipis. Keunikan Srepeh terletak pada bumbunya yang berwarna kuning kecoklatan dan lebih encer dengan rasa asin dan pedas, sehingga terkenal dengan sebutan ‘srepeh’. Bumbu tersebut terbuat dari kacang, saus sambal merah, santan dan gula merah, sehingga berwarna kuning kecoklatan. Sate Srepeh disajikan bersama lontong atau nasi yang disiram sayur lodeh dan sayur tahu.

Kelo Mrico

Selain sate dan lontong sayur, Rembang juga memiliki kuliner sayur berbahan dasar laut segar dengan bumbu-bumbu sederhana, seperti cabe, kemiri, bawang merah/putih, kunyit, laos, garam, daun jeruk, dan merica. Kelo Mrico disajikan dalam keadaan panas. Oleh karena itu, Kelo Mrico yang dijual harus tetap di atas tungku yang menyala. Sedangkan lauk ikan terpisah dengan kuah. Warung Kelo mrico yang terkenal adalah Warung Bu Wadji di komplek Pelabuhan Karanggeneng, Desa Tasik Agung, Kecamatan Kota Rembang.

Sirup Kawista

Sirup Kawista terbuat dari buah kawis yang bentuknya menyerupai buah jeruk dengan yang lebih besar. Sirup kawista cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

63 − 62 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.