Kuartal Ke-4, Penyerapan APBD 2017 Dibawah 40 Persen

ilustrasi

 

KENDAL – Hingga bulan Oktober 2017, penyerapan APBD Kendal masih dibawah 40 persen. Pemerintah Kabupaten Kendal dinilai kurang cakap mengelola anggaran. Kondisi tersebut berpotensi merugikan rakyat.

“Dengan kondisi itu, silpa tahun 2017 bisa lebih dari 25 persen. Pemkab Kendal harus memperbaiki dan memacu kinerjanya. “Jika Pemkab bisa menekan Silpa maksimal lima persen, kami akan mendukungnya,’’ kata anggota Fraksi PAN Nuryati pada rapat paripurna DPRD Kendal tentang Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan APBD Kendal Tahun 2018, Senin (9/10).

Pihaknya juga menyoroti RAPBD 2018. Adanya rencana belanja Pemkab Kendal pada 2018 mencapai Rp 1,78 triliun, dengan rencana anggaran pendapatan Rp 1,74 triliun, dipandang akan menjadikan APBD 2018 Kendal defisit hingga Rp 34 miliar lebih. RAPBD 2018 sendiri lebih rendah nilainya dibanding APBD 2017 dan 2016.

Hal itu menunjukkan penyerapan anggaran di setiap OPD belum berjalan dengan baik dan maksimal, tidak berkesinambungan setiap kuartal. ‘’Ini tentu berdampak terhadap hasil dan stimulus pembangunan. Yang dianggarkan dalam APBD tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan optimal. Kami berharap setelah APBD 2018 ditetapkan, paling lambat pada Maret sudah ada pekerjaan pembangunan fisik. Lelang sepanjang 2017 yang terlambat jangan sampai terjadi kembali,’’ tutur Nurhayati yang juga anggota Komisi B DPRD Kendal ini.

Anggota Komisi A DPRD Kendal, Wiwit Widayanti, menambahkan, pihaknya mendorong supaya Pemkab memanfaatkan secara optimal untuk progam prioritas peningkatan kesejahteraan rakyat. Jalan-jalan desa yang sudah bertahun-tahun tidak tersentuh perbaikan, supaya bisa diperbaiki.

Dirinya juga menyoroti pengawasan dana desa di Kendal, yang tingkat serapannya juga masih rendah. Perlu langkah untuk optimalisasi penyerapan anggaran.

‘’Beberapa kepala OPD belum definitif, termasuk kepala puskesmas. Saya berharap segera dilantik pejabat untuk mengisi posisi tersebut agar tidak mengganggu kinerja atau pelayanan kepada masyarakat,’’ terang dia. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

46 − 39 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.