Kuartal III-2018, PGN Bukukan Laba Bersih Rp 3,06 triliun

Kami melakukan berbagai upaya efisiensi sehingga mampu mencetak laba.

JAKARTA- Sampai dengan Kuartal III-2018, PT Perusahaaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil membukukan pendapatan sebesar 2,45 miliar dolar AS. Kondisi tersebut mengalami
peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 2,17 miliar dolar AS.

Perusahaan Umum Jasa Tirta II dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Multi Optimal Sentosa melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait pengembangan kawasan industri di Purwakarta Jawa Barat, Senin (5/11/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Pendapatan emiten berkode PGAS tersebut, terutama diperoleh dari hasil penjualan gas sebesar 1,94 miliar dolar AS dan penjualan minyak dan gas sebesar 442 juta dolar AS. Sedangkan Laba Operasi Interim Konsolidasian selama triwulan III-2018 adalah sebesar 390 juta dolar AS dengan laba bersih sebesar 218 juta dolar AS atau senilai Rp 3,06 triliun.

“Kami melakukan berbagai upaya efisiensi sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan,” kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dijelaskan, selama periode Januari-Oktober 2018, PGN menyalurkan gas bumi sebesar 828,98 juta kaki kubik per hari (MMscfd) dengan rinciannya, sepanjang Kuartal III-2018 volume gas distribusi sebesar 800,10 MMscfd dan volume transmisi gas bumi sebesar 28,88 MMscfd.

Rachmat mengatakan, sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, pihaknya optimistis kinerja perusahaan juga akan semakin baik. Meskipun kondisi perekonomian mengalami perlambatan, PGN tetap mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.

“Kami akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada kuartal III-2018, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 35,75 km dan saat ini mencapai lebih dari 7.516,70 km atau setara dengan 80% dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional,” katanya.

Dari infrastruktur tersebut, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN.

Pelanggan Gas Bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.