Kualitas Pekerja, Kunci Hadapi MEA

image
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri melihat produksi jenang Kudus. FOTO: Rhobi Shani

KUDUS – Peringatan HUT ke 43 Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Kabupaten Kudus dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Dalam kesempatan tersebut, Hanif menekankan pentingnya percepatan peningkatan kompetensi pekerja di Indonesia, terlebih saat berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Lebih lanjut Hanif menyampaikan, kalangan dunia usaha juga diminta berperan aktif ikut menggenjot kualitas SDM pekerjanya. Saat ini, jumlah angkatan kerja di Indonesia sebanyak 122 juta jiwa. Sayangnya 90 persen diantaranya merupakan lulusan SLTA ke bawah.

“Dari jumlah itu 68 persen merupakan lulusan SMP dan SD,” terang Hanif, baru-baru ini.

Melihat kondisi tersebut, Hanif melanjutkan, produktivitas pekerja di Indonesia kalah jika dibanding dengan negara tetangga. Seperti Thailand, Malaysia terlebih Singapura.

“SDM pekerja kita “unik”, makanya agar tetap memiliki daya saing terlebih saat MEA maka kompetensi dan kualitas SDM harus terus digenjot,” ujar Hanif.

Pada kesempatan itu, Hanif juga berkesempatan  melihat langsung proses produksi, sekaligus mencicipi Jenang Kudus, didampingi Dirut Mubarokfood Muhammad Hilmy Mubarok. Hanif juga sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pekerja soal penerapan K3, gaji hingga imbasnya terhadap kebutuhan hidup harian pekerja dan keluarganya. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

13 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.