KPU Telusuri Ijazah 1.374 Bacaleg DPRD Jateng

Hasil penelusuran keluar pada Sabtu pekan ini.

SEMARANG- Sejumlah petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang mengecek ulang keaslian ijazah milik para bakal calon legislatif yang maju di bursa Pemilihan DPRD Provinsi Jawa Tengah 2019

Petugas partai politik memeriksa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Foto MetroJateng

.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, metode penelusuran berkas ijazah itu dengan menyambangi instansi-instansi pendidikan terkait dengan asal daerah tempat masing-masing bacal calon legislatif.

Petugasnya mulai dua hari terakhir sibuk mendatangi sekolah-sekolah dan perguruan tinggi untuk memverifikasi ulang ijazah bacaleg.

“Kita lakukan klarifikasi ke lapangan, karena berdasarkan masukan dari masyarakat ada keraguan dalam beberapa berkas ijazah yang dilampirkan bacaleg yang mencalonkan diri di tingkat DPRD Jawa Tengah,” kata Joko kepada metrojateng.com, Kamis, 9 Agustus 2018.

Ia menjelaskan proses verifikasi ijazah baru ketahuan hasilnya sekitar Jumat atau Sabtu pekan ini. Untuk verifikasi rekam medis di rumah sakit, ungkap Joko, saat ini sudah rampung.

Sedangkan, untuk verifikasi surat kuasa pengadilan negeri, ia memastikan sudah rampung 100 persen.

“Surat pengadilan sudah selesai semua. Tinggal kita ini lagi merampungkan verifikasi ijazah mereka. Ini hampir selesai. Tapi kan hasil validnya Sabtu lusa baru ketahuan DPS-nya,” tuturnya.

Ia menyebut total bacaleg yang mendaftar untuk pemilihan DPRD Jateng mencapai 1.374 orang. Ribuan bacaleg itu mendaftar di 16 parpol peserta Pemilu 2019. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.