KPU Sukoharjo Temukan 4.715 Surat Suara Pilpres Rusak

Kerusakan surat suara cukup bervariasi, seperti transparan, kertas terlipat, kertas tidak ada cetakannya, kertas sudah berlubang,

SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo menemukan 4.715 lembar kertas surat suara untuk Pemilihan Presiden rusak. Temuan tersebut diketahui saat dilakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara beberapa hari lalu.

Proses pelipatan surat suara di Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Suci Handayani mengatakan, surat suara yang rusak sebanyak 4.715 sudah dipisahkan. Pihaknya sudah melaporkannya ke KPU Pusat, KPU Provinsi dan percetakan, untuk bisa ditindaklanjuti.

Kendati demikan, pihaknya belum tahu kapan surat suara pengganti itu akan datang, karena saat ini Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda sedang berada di Jakarta untuk koordinasi terkait surat suara untuk Pemilihan Legislatif.

Sementara untuk kerusakan surat suara cukup bervariasi, seperti transparan, kertas terlipat, kertas tidak ada cetakannya, kertas sudah berlubang, dan ada coretan tintanya saat di cetak. Selain itu, jumlah pengiriman surat suara juga kurang dari jumlah kebutuhan yang dibutuhkan KPU Sukoharjo.

“Kita terima kemarin itu 682.937 surat suara untuk Pilpres, kebutuhan kita 683.731 sesuai DPT dan ditambah 2%,” kata dia, Minggu (10/3/2019).

Jika ditambah dengan jumlah BTTB dikurangi total sortir sebanyak 1.605, KPU Sukoharjo masih kekurangan 7.114 lembar surat suara untuk Pilpres mendatang. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.