KPU Sukoharjo Akui Banyak Ditemukan Salah Input Data di PPK

Untuk mempercepat proses rekapitulasi di tingkat PPK, KPU Kabupaten Sukoharjo menyarankan untuk melakukan penghitungan dengan membuka beberapa panel hitungan.

SUKOHARJO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menemukan sejumlah kesalahan selama proses rekapitulasi data di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Faktor human error jadi penyebabnya.

Proses rekapitulasi data di Kecamatan Gatak, Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Menurut Konisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Hukum Data dan Informasi, Muladi Wibowo, kesalahan meliputi salah penulisan angka, salah memasukkan data dan angka, lupa menulis data, hingga saksi menerima form yang bukan asli. 

Seperti halnya yang terjadi saat rekapitulasi suara di PPK Gatak. Bawaslu menemukan kesalahan saat input data di kertas plano TPS 002 Desa Kagokan. Kesalahan berupa jumlah suara sah dan suara tidak sah penulisan terbalik atau angka yang seharusnya ditulis pada kolom sah, ditulis pada kolom tidak sah, begitu juga sebaliknya.

“Kejadian salah input seperti ini kemungkinan banyak terjadi, karena ini masalah ketelitian. Memang selama tidak mengubah perolehan suara bisa diselesaikan perbaikan administrasi, tapi bila berdampak pada pergeseran suara harus dilakukan pengecekan atau penghitungan ulang,” katanya, Sabtu (20/4/2019).

Di Kabupaten Sukoharjo, rapat Pleno ditingkat PPK sudah dimulai sejak Jumat (19/4) kemarin, yakni di Kecamatan Bendosari, Baki, dan Polokarto.

Sementara sebelumnya di PPK Polokarto juga terjadi salah input data, karena mempengaruhi pergeseran suara, hingga harus dilakukan penghitungan ulang. Oleh sebab itu, Bawaslu berharap rekapitulasi di PPK harus dilakukan secara teliti.

“Jangan sampai di pleno kabupaten baru ditemukan kesalahan hingga proses pembenahan lebih lama,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo melalui Komisionernya Suci Handayani mengakui masih banyak temuan kesalahan, khususnya input data.

“Itu murni karena human error, kesalahan pada manusia, jadi manusiawi kalau salah karena faktor kelelahan. Kami mendapat laporan di semua PPK, yang kebanyakan ada kesalahan input data,” kata dia.

Suci menambahkan, untuk mempercepat proses rekapitulasi di tingkat PPK, KPU Kabupaten Sukoharjo menyarankan untuk melakukan penghitungan dengan membuka beberapa panel hitungan. Sementara di PPK Gatak, dibuka tiga panel penghitungan agar segera selesai. (MJ-28)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.