KPU Sukoharjo Ajak Gatotkaca Sosialisasi Coblosan

Pada Pemilu 2019 mendatang, teknis pemilihan sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya

SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo punya cara unik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 mendatang. Tokoh wayang dihadirkan dalam sosialisasi di Pasar Kartasura, Senin (19/11/2018).

Sosialisasi coblosan di Pasar Kartasura, Senin (19/11/2018). Foto: metrojateng.com

Dengan membawa berbagai brosur yang berisikan gambar parpol beserta calon presiden, Gatotkaca dan Kresna dengan gagahnya mendatangi Pasar Kartasura.

Dikatakan Suci Handayani, Komisioner KPU Sukoharjo, wayang merupakan kearifan lokal di mana para pedagang pasar tradisional lebih tertarik dengan wayang yang bagi mereka sudah biasa dilihat. “Kami membawakan tokoh wayang agar para pedagang bisa menerima sosialisasi ini dan tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih semakin bertambah,” kata Suci.

Tokoh wayang tersebut turut mengajak para pedagang pasar tradisional untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 mendatang. “Masyarakat mempunyai hak pilih, jadi kami juga meminta informasi mereka apakah sudah didata di DPT apa belum, jika belum silakan konfirmasi ke ketua RT setempat,” imbuhnya.

Pada Pemilu 2019 mendatang, teknis pemilihan sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pasalnya pada pemilu tahun depan, masyarakat akan memilih Calon Presiden (Capres) dan Calon Legislatif (Caleg). Selain terjun ke pasar tradisional, KPU juga menyasar ke lingkungan pendidikan untuk sosialisasi serupa.

“Karena mereka akan memilih 5 calon yaitu DPR Kota/Kabupaten, DPR Provinsi, DPR RI, DPD, dan pasangan presiden jadi biar masyarakat tidak kaget, kenapa kok kertasnya banyak dan lama,” pungkasnya. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.