KPU Kendal Siapkan TPS di Lapas dan Lokalisasi

sosialisasi pilgub
Warga binaan Lapas Kelas IIA Kendal mendengarkan penjelasan anggota KPU kendal dalam sosialisasi Pilgub Selasa (10/04) siang. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

KENDAL –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kendal dan komplek lokalisasi Gambilangu Kaliwungu dan alas karet atau yang dikenal dengan Alaska Patean. TPS itu untuk pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018. Itu bukan TPS khusus. Melainkan merupakan salah satu dari 1.795 TPS yang ada di Kendal.

Untuk itu, KPU Kendal memberikan sosialisasi di dalam Lapas Selasa (10/4) siang. Sosialisasi itu juga untuk mengenalkan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub 2018 ini. Ini merupakan salah satu upaya KPU Kendal meningkatkan tingkat partisipasi pemilih khususnya penghuni Lapas Kendal.

Anggota KPU Kendal, Hevi Indah Oktaria mengatakan sosialisasi berguna untuk memberikan gambaran kepada penghuni lapas terkait pelaksanaan Pilgub. Dalam sosialisasi ini, KPU turut membagikan brosur lengkap yang berisi seluruh data dari ke 2 paslon termasuk visi misi calon gubernur dan keterangan lengkap terkait jadwal pencoblosan.

“Penghuni Lapas ini minim pengetahuan dan informasi terkait Pilgub. Tidak hanya itu, sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan kepada penghuni lapas mengenal lebih jauh calon yang akan dipilih dalam pilgub,” jelasnya.

Di dalam Lapas Kelas IIA Kendal sendiri ada 120 penghuni Lapas yang terdaftar dalam daftar pemilih. Terdiri dari 119 laki-laki dan satu perempuan. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah atau berkurang. Bertambah jika ada tambahan penghuni menjelang pelaksanaan pemilihan dan berkurang jika ada yang bebas menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Kasi Pembinaan Lapas Kendal, Hidayat menuturkan jumlah pemilih kemungkinan akan bertambah dan fluktuatif. “Jumlah penghuni Lapas Kelas II A Kendal sendiri 240 warga binaan, namun hanya 120 warga binaan yang sudah terdaftar di KPU Kendal,” katanya. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

1 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.