KPU Kabupaten Tegal Kebut Pelipatan Surat Suara

Surat suara yang baru datang yakni DPR RI dan DPRD Provinsi, dengan jumlah masing-masing ‎1.232.187 lembar

SLAWI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal mempercepat proses sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2019, menyusul dari lima jenis surat suara yang nantinya akan dicoblos pada 17 April, baru tiga jenis surat suara yang sudah diterima.

Ratusan warga melakukan sortir dan melipat 1.232.187 lembar surat suara DPRD Provinsi di Gedung Korpri Kabupaten Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Kita kebut selama tiga hari. Surat suara yang baru datang yakni DPR RI dan DPRD Provinsi, dengan jumlah masing-masing ‎1.232.187 lembar,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, Rabu (6/3/2019).

Menurutnya, surat suara DPR RI tiba Selasa (5/3), sedangkan surat suara DPRD Provinsi tiba Rabu (6/3) dini hari sekira pukul 03.00 WIB. Begitu tiba dari Jakarta, surat suara untuk DPRD‎ Provinsi langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan di Gedung Korpri, Slawi dengan pengawasan ketat.

Adapun proses sortir dan pelipatan melibatkan sebanyak 240 warga, di mana untuk setiap warga ditarget mampu menyortir dan melipat 1.000 lembar. Hingga saat ini pihak KPU masih menunggu‎ pengiriman surat suara untuk DPRD Kabupaten dan DPD dari KPU pusat.

“Tinggal dua jenis surat suara itu yang belum datang, karena surat suara untuk Pilpres sebelumnya sudah datang. Kemungkinan Jumat atau Sabtu datangnya. Kemudian surat suara DPD setelahnya,” pungkas Nurohkman.

Sementara itu, dari hasil pemantauan sementara, jumlah surat suara DPRD Provinsi yang kondisinya rusak mencapai puluhan lembar. Adapun kerusakan karena sobek dan terdapat titik tinta.

“Ada puluhan, jumlah total pastinya belum direkap karena masih disortir. Kalau sudah selesai dan jumlahnya diketahui, akan kita kumpulkan untuk kemudian dilaporkan ke KPU Provinsi dan pusat,” tutupnya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.