KPU Jateng Pastikan Keaslian Ijazah 1.322 Bacaleg

KPU cek langsung ke Sumatera, Bekasi, dan Jawa Tengah yang paling banyak.

SEMARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menuntaskan proses verifikasi keabsahan ijazah milik para bakal calon legislatif yang maju di putaran Pileg 2019.

Petugas partai politik memeriksa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Foto MetroJateng

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan pemeriksaan ijazah milik setiap bacaleg dilakukan bertahap.

Ia mengatakan sudah mendapat laporan dari petugasnya yang mengecek langsung keaslian ijazah milik bacaleg yang akan maju di Pileg 2019.

“Kita sempat menduga ada beberapa ijazah yang keasliannya diragukan. Maka kita cek langsung ke Sumatera, Bekasi, dan Jawa Tengah yang paling banyak. Ketika kita datangi ke Sumatera misalnya, ternyata ijazah bacaleg yang akan mendaftar untuk DPRD Jateng ternyata asli,” katanya, Selasa (14/8/2018).

Pengecekan dikerjakan menyeluruh terutama menyambangi dinas pendidikan setempat. Untuk ijazah yang diterbitkan oleh tiap pondok pesantren, tuturnya juga dicek langsung ke kantor Kemenag masing-masing daerah.

Setelah melalui tahapan verifikasi ulang, Joko memastikan keaslian ijazah milik 1.322 bacaleg.

“Tidak ditemukan ijazah palsu. Dan mudah-mudahan aman. Kita tinggal minta masukan masyarakat, apakah ada kejanggalan lainnya atau tidak,” ujarnya.

KPU Jateng telah menetapkan kuota untuk kursi DPRD Jateng. Jika Pemilu lima tahun lalu masih terdapat 100 kursi. Saat ini jumlah kursinya menjadi 120 kursi.

Penambahan kursi DPRD menyesuaikan jumlah penduduk Jawa Tengah yang bertambah. Pihaknya mengaku telah memisah beberapa daerah pemilihan (dapil). Dapil yang dipisah yaitu dapil 1, dan dapil-dapil wilayah Sukoharjo, Boyolali dan Blora. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.