KPU Jateng Pastikan Distribusi Logistik Lancar

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya Kabupaten Semarang yang belum terkirim logistiknya.

MAGELANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah mendistribusikan logistik berupa kotak suara dan bilik suara di seluruh wilayah Jateng untuk Pemilu 2019 mendatang. Kali ini, kotak suara terbuat dari kardus yang dilaminasi, serta ada bagian yang transparan terbuat dari bahan mika.

Acara Ayo Senam Memilih di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Minggu (25/11/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat saat menghadiri acara Ayo Senam Memilih di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Minggu (25/11/2018).

Yulianto menjelaskan, sesuai amanat undang-undang jika kotak suara yang akan digunakan pemilu mendatang harus ada sisi transparan. Oleh karena itu, kotak suara yang dulu tidak digunakan lagi.

Ia menjelaskan, KPU Provinsi sudah mulai mendistribusikan kotak suara dan bilik suara termasuk ke KPU Kota  Magelang sebanyak 2.458 buah bilik dan 2.058 kotak suara. Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya Kabupaten Semarang yang belum terkirim logistiknya.

“Memang ada kekurangan logistik yang didistribusikan oleh KPU RI ke beberapa wilayah. Jumlahnya masih ada kekurangan sekitar 20 persen dari total kebutuhan masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Yulianto menyebutkan, jumlah kotak suara yang dibutuhkan setiap TPS juga meningkat. Pada Pemilu mendatang setiap TPS membutuhkan 5 kotak suara, yakni untuk Kotak DPR kota/Kabupaten, DPR provinsi, DPR RI, DPD, dan Presiden.

Selain itu, jumlah TPS juga bertambah.Di Jateng sendiri ada penambahan sebanyak 168 TPS. Jumlah kotak suara seluruhnya ada sekitar 15.000 kotak. Sedangkan untuk logistik lainnya masih menunggu dari KPU pusat.

Saat ini, imbuh Yulianto, KPU juga masih melakukan koreksi DCT, sehingga pada saat dicetak tidak ada kesalahan nama abjad dan gelar, yang keduanya sangat penting. Dalam hal ini, KPU RI mengundang seluruh jajaran KPU baik Provinsi, kabupaten, dan kota untuk melakukan validasi surat suara guna memastikan DCT yang ditetapkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengaku, untuk Kota Magelang logistik berupa bilik dan kotak suara memang sudah datang. Untuk bilik masih mencukupi kebutuhannya, yakni ada 2.458 buah. Sementara kotak suara sebanyak 2.058. Sedangkan untuk kotak suara masih kurang 10 kotak.

Seluruh logistik pemilu 2019 sudah berada di gudang yang ada di Kelurahan Gelangan. Gudang ini dipindahkan dari sebelumnya karena untuk keamanan barang. Apalagi saat ini musim hujan, sehingga harus aman dari kebocoran.

“Untuk yang sekarang gudangnya lebih besar dan memang pas sebagai gudang,” ungkapnya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.