KPU Jateng Bekali Parpol Pelatihan Susun Dana Kampanye

Pembekalan pelatihan itu perlu dilakukan supaya setiap pengurus parpol memahami sekaligus bisa mengimplementasikan program penyusunan dana kampanye.

SEMARANG –¬†Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah bakal memberikan pembekalan pelatihan bagi semua partai politik untuk menyusun dana kampanye sebagai persiapan partisipasi di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 nanti.

Joko Purnomo
Foto: fariz fardianto

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengungkapkan pembekalan pelatihan itu perlu dilakukan supaya setiap pengurus parpol memahami sekaligus bisa mengimplementasikan program penyusunan dana kampanye.

“Maka dari itu, biar dana kampanye yang disusun bisa urut dan rapi dari tingkat ranting, cabang, perwakilan kabupaten/kota sampai provinsi, kami berinisiatif untuk membekali pelatihan bagi mereka,” kata Joko kepada¬†metrojateng.com, Minggu (19/8/2018).

Ia melihat saban ada perlehatan Pemilu, dana kampanye yang diserahkan kepada pihaknya, masih terbilang kacau.

Ia menengarai masih banyak pengurus parpol yang tak paham mengenai draf penyusunan dana kampanye.

Misalnya, ujar Joko, ketika sebuah parpol menyerahkan dana kampanye, biasanya tidak lengkap. Terdapat beberapa kejanggalan pada penghitungan dana kampanye di tingkat kabupaten/kota.

Joko berkata pelatihan menyusun dana kampanye sedang dibuatkan jadwal oleh pihaknya. Yang pasti, katanya, pelaksanaannya akan dilakukan sebelum Oktober 2018.

Lebih lanjut, Joko menyampaikan, KPU RI saat ini masih mengkaji penetapan dana kampanye untuk pelaksanaan Pileg maupun Pilpres 2019 nanti. Besaran jumlahnya masih terus dikaji, tambah Joko. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.