KPU Banyumas Yakinkan Kualitas Kotak Suara ‘Kardus’

Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak perlu risau dengan kualitas bahan kotak suara.

BANYUMAS – Kontroversi kotak suara berbahan kardus ditanggapi santai oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi. Dia memastikan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 tersebut kokoh dan kedap air.

Uji kekuatan kotak suara Pemilu di gudang penyimpanan logistik KPU Banyumas, Rabu (19/12/2018). Foto: metrojateng.com

Imam juga melakukan tes untuk membuktikan kekuatan kotak suara dengan cara mendudukinya. Ia meminta masyarakat tenang dan tidak perlu risau dengan kualitas bahan kotak suara.

“Setelah dilakukan pengujian, kotak suara aman digunakan untuk Pemilu 2019,” kata dia saat meninjau gudang penyimpanan logistik KPU di Bojongsari, Banyumas.

“Kotak suara dari bahan karton kedap air, bukan kardus. Saat ini tersimpan di gudang dan nanti siap didistribusikan ke PPK di kecamatan,” Imam menambahkan.

Menurutnya, saat ini banyak berita hoaks yang menyoal kualitas bahan kotak suara dianggap rawan kecurangan dan tidak kuat. Ia meminta masyarakat percaya kepada penyelenggara pemilu.

“Kami mengajak wartawan agar bisa melihat langsung kondisi penyimpanan di gudang,” kata Imam.

Imam menyebutkan, saat ini jumlah logistik yang sudah diterima KPU Banyumas meliputi, kotak suara 27.452 buah (kurang 30), bilik suara karton 3.224 buah (kurang 24), tinta 10.847 buah, segel 566.560 buah, sampul biasa dan sampul kubus 152.398 buah, serta beberapa perlengkapan lainnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.