KPP Pratama Jepara Sulap Ruang Pertemuan jadi Loket Pelayanan e-Filing 

?

JEPARA – Sepekan jelang berakhirnya masa penyampaian SPT Orang Pribadi (OP) dan Tax Amnesty, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diserbu warga. Banyaknya animo masyarakat yang hendak menyampaikan laporan pajak tahunan, ruang pertemuan KPP Pratama disulap jadi loket pelayanan. Mahasiswa yang sudah diberi pelatihan pun diterjunkan mendampingi masyarakat yang hendak menyampaikan SPT OP secara online melalui aplikasi e-Filing.

Pemandangan hari ini, masyarakat yang hendak menyampaikan pajak tahunan nampak berkerumun di teras sebelum kantor buka. Begitu layanan dibuka, kursi antrean yang disedikan pun penuh. Tak sedikit warga yang mengantre dengan berdiri.

Kepala KPP Pratama Kabupaten Jepara Endaryono menyampaikan, batas akhir penyampaian laporan pajak SPT OP pada 31 Maret. Itu bersamaan dengan batas akhir program Tax Amnesty. Sementara, batas akhir penyampaian SPT Badan Usaha pada 30 April mendatang. 

“Jika dibanding dengan dua tahun lalu pada waktu yang sama, animo masyarakat mengalami penurunan, itu seiring dengan dengan adanya program penyampaian SPT secara online. Jadi wajib pajak bisa menyampaikan laporannya dari mana saja tanpa harus datang ke kantor,” papar Endaryono, Kamis 23 Maret 2017. 

Endaryono menambahkan, untuk meningkatkan angka kepatuhan wajib pajak, selain menambah loket pelayanan di KPP Pratama juga membuka layanan di sejumlah kantor pemerintah dan swasta. Serta menggelar pekan panutan penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2016.

“Ini demi memberikan kemudahan bagi wajib pajak di Jepara dalam penyampaian SPT Tahunan tepat waktu,” ujar Endaryono.

Lantaran jumlah pegawai KPP Pratama Jepara terbatas, Endaryono menambahkan, pihaknya memberikan pelatihan kepada mahasiswa penggunaan aplikasi e-Filing. Selanjutnya, mahasiswa yang telah mengikuti program pelatihan mendampingi masyarakat yang hendak menyampaikan SPT tahunan dengan program e-Filing di kantor KPP Pratama. (oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 59 = 68

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.