Kota Semarang Sumbang Inflasi Tertinggi di Bulan Maret

Pada bulan Maret, hampir semua kelompok mengalami kenaikan harga, tetapi penyumbang terbesar adalah bahan makanan khususnya bumbu-bumbuan seperti, bawang merah dan bawang putih

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat inflasi bulan Maret 2019 mencapai 0,30 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 133,32. Adapun, kota di Jateng yang menyumbang inflasi tertinggi adalah Kota Semarang dengan nilai inflasi sebesar 0,34 persen dan IHK 132,95.

Kenaikan harga bawang
Ilustrasi. Kenaikan harga bawang putih ikut menyumbang inflasi di Jawa Tengah. Foto: metrojateng.com/dok

Kepala BPS Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, berdasarkan survei biaya hidup (SBH) enam kota di Jateng yang mengalami inflasi tertinggi antara lain, Kota Semarang, Cilacap, Surakarta, Kudus, Kota Tegal, dan Purwokerto.

‘’Dari enam kota/kabupaten tersebut Kota Semarang mencatat sebagai penyumbang inflasi. Sedangkan, inflasi terendah di Purwokerto sebesar 0,19 persen dengan IHK 131,99,’’ ungkapnya, Senin (1/4/2019).

Diketahui, inflasi di Jateng terjadi karena kenaikan indeks pada kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,82 persen diikuti kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,25 persen; kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,24 persen; kelompok sandang sebesar 0,17 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,10 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar dan sebesar 0,09 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,03 persen.

‘’Pada bulan Maret, hampir semua kelompok mengalami kenaikan harga, tetapi penyumbang terbesar adalah bahan makanan khususnya bumbu-bumbuan seperti, bawang merah dan bawang putih,’’ tuturnya.

Kendati demikian, lanjut Sentot, pada bahan makanan juga terjadi deflasi disebabkan penurunan harga beras. Kondisi itu karena, pada bulan Maret sudah mulai panen dan suplai beras mengalami peningkatan.

Sementara selain beras, penahan laju inflasi yaitu, penurunan harga bensin, daging ayam ras, jeruk dan cabai rawit. Dengan demikian, tingkat inflasi tahun kalender Maret 2019 sebesar 0,26 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 1,82 persen. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.