Korban Kebakaran Singorojo Mengungsi ke Rumah Kerabat

Pemkab Dirikan Posko

Mobil pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena kondisi lokasi yang sulit dijangkau kendaraan. Ditambah lagi suplai air untuk mobil pemadam kebakaran sulit didapat.

KENDAL – Korban kebakaran di Dusun Taruman, Desa Singorojo, Kendal terpaksa mengungsi ke rumah kerabat. Kebakaran yang terjadi pada Rabu (27/2) sore tersebut melumat seluruh harta benda milik warga.

Puing-puing sisa kebakaran di Dusun Taruman Desa Singorojo Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Dari pendataan pada Kamis (28/2/2019) pagi, ada 35 rumah dan satu musala yang terdampak kebakaran. Kebakaran ini diduga dipicu kebocoran gas. Dua warga terluka saat berupaya memadamkan api yang membakar permukiman padat ini.

Salah seorang warga setempat, Asrudin menuturkan, saat kebakaran terjadi sebagian warga masih berada di sawah dan ladang belum kembali ke rumah. Api yang membesar menyulitkan warga memindahkan barang berharga dari dalam rumah.

Mobil pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena kondisi lokasi yang sulit dijangkau kendaraan. Ditambah lagi suplai air untuk mobil pemadam kebakaran sulit didapat.

BACA JUGA: 22 Rumah di Singorojo Ludes Terbakar

Menurut Asrudin, api sudah mulai membesar dari rumah warga di pojok sebelah barat. “Angin kencang membuat api merembet ke rumah lain, belum lagi kebanyakan rumah terbuat dari kayu,” katanya.

Api bisa dipadamkan pada Rabu malam. Garis polisi sudah terpasang di lokasi kebakaran. Sementara korban kebakaran terlihat syok karena harta benda tidak ada yang dapat diselamatkan.

Kepala Desa Singorojo, Hadi Prayitno mengatakan, dari pendataan jumlah rumah yang rusak akibat kebakaran mencapai 35 unit dan satu musala. “Dua warga juga terluka bukan karena kebakaran melainkan saat memadamkan api dan tertimpa puing kebakaran,” jelasnya.

Posko sudah didirikan dan bantuan bahan makanan disuplai Pemerintah Kabupaten Kendal. Pihak desa tidak mendirikan posko pengungsian karena korban kebakaran memilih tinggal sementara di rumah kerabat. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.