Kopi Liberika Khas Kendal Beraroma Nangka Saat Diseduh

Seorang petani kopi tengah memanen biji kopi Liberika yang menghasilkan aroma buah nangka dan pisang saat diseduh air panas.
?

 KENDAL – Sudah pernah menikmati kopi dengan aroma buah? Kalau belu,, coba saja nikmati kopi khas Kendal yang tumbuh di lereng Gunung Prau. Kopi yang diolah ini mempunyai aroma pisang dan nangka, saat diseduh dengan air panas. Rasa kopi ini juga berbeda dengan kopi berjenis Robusta, Arabika  maupun Luwak. 

Kopi beraroma buah ini bernama kopi Liberika dan merupakan khas Kabupaten Kendal .

Pembibitan kopi jenis ini mulai dikembangkan sekitar tahun 2005 silam dan banyak digemari karena citarasa dan aroma yang berbeda. Biji kopi yang diolah menjadi kopi Liberika ini merupakan biji kopi pilihan yang sudah matang dan berwarna merah.

Ukuran biji kopi juga lebih besar jika dibandingkan dengan kopi lainnya. Proses pengolahan kopi Liberika ini banyak menarik penikmat kopi dan bisa melihat mulai proses pemetikan hingga peracikan. Di rumah Kelompok Tani Mlati Makmur di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal ini kopi beraroma pisang dan nangka dibuat.

Ketua Kelompok Pujo Widodo mengatakan Kendal memiliki tiga kopi dengan kualitas rasa yang sudah diakui yakni Robusta, Arabika dan Liberika. “Robusta dikenal karena rasanya pahit pekat, sedangkan arabika pahit asam-asam. Yang berbeda adalah  liberika selain citarasa pahit pekat, aroma nangka tercium dari kopi ini,” katanya.

Diakui Pujo, untuk pemesanan kopi Liberika memang tidak sebanyak robusta ataupun arabika. “Karena untuk menanam kopi itu butuh tempat dengan ketinggian 300-500 meter di atas permukaan air laut,” imbuhnya.

Bagi penikmat kopi aroma buah yang ada di kopi Liberika memang berbeda dan menambah citarasa kopi pada umumnya. Menurut pecinta kopi aroma buah baik pisang maupun nangka sudah keluar saat kopi yang sudah diolah diseduh dengan air panas.

“Rasa kopi juga lebih pahit dan pekat sehingga bagi pecinta kopi rasa kopi liberika lebih nikmat dibandingkan kopi luwak ataupun lainnya,” ujar Bekti,penikmat kopi.

Kopi Liberika ini dikemas dalam kemasan menarik dan djual dengan harga Rp 25 ribu . Pasar untuk kopi liberika khas Kendal yang beraroma pisang dan nangka hingga Surabaya dan Jakarta serta kota besar lainnya di Indonesia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

35 + = 38

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.