Kontrol Lalin, Dishub Demak Pakai Sistem ATCS

ilustraai
?

DEMAK – Dinas Perhubungan Kabupaten Demak telah memiliki area traffic control system (ATCS) atau sistem pengendali lampu lalu lintas. Sistem ini mempermudah dalam melakukan monitoring sejumlah ruas jalan lalu lintas di kabupaten ini.

Pantauan lalu lintas dapat dilakukan menggunakan layar yang tersambung ke CCTV yang telah dipasang. Sedikitnya ada 25 CCTV yang terpasang di 12 titik, diantaranya di simpang tiga SMP 3, simpang tiga Bogorawe, simpang empat Jogoloyo, simpang tiga Jebor, simpang tuga Trengguli.

Selain itu, di ruas-ruas jalan yang rawan terjadi macet dan kecelakaan lalu lintas. Seperti Pasar Sayung, Pasar Mranggen, Pasar Buyaran, Pasar Bintoro, Pasar Wonopolo, dan Alun-alun.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Demak, Wahyu Tri Hapsari mengatakan bahwa ATCS merupakan sistem cerdas untuk mendukung manajemen transportasi dengan pemanfaatan teknologi, informasi, komunikasi, sensor, kontrol, dan komputerisasi. Hal ini sebagai langkah untuk membangun sistem informasi dan manajemen secara otomatis.

“Total semua ada 25 CCTV yang dipasang. Ini dapat mempermudah monitoring jika terjadi persoalan lalu lintas, seperti kecelakaan, kemacetan bahkan pelanggaran,” ujarnya, Rabu (21/6/2017)

Rencananya, pihaknya akan menambah pemasangan CCTV, yakni simpang empat Botorejo, simpang tiga Kracaan, dan ruas jalan strategis lainnya. Selain pemasangan ATCS, kedepan juga akan dibangun suatu sistem e-lalin. Yakni masyarakat dapat mengakses pantauan lalu lintas melalui CCTV secara real online.

“Nantinya masyarakat dapat mengetahui jalan mana yang aman dan nyaman dilalui, lewat online,” paparnya.

Bupati Demak, HM Natsir menambahkan bahwa ini merupakan terobosan baru dari kerja keras Dinas Perhubungan. Ke depan, Kabupaten Demak akan terus meningkatkan pembangunan di semua sektor.

“Selain memantau, sistem ini juga dapat mengendalikan siklus waktuterhadap arus lalu lintas di persimpangan jalan,” kata dia.

Sementara, Kapolres Demak, AKBP Sonny Irawan mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan Kabupaten Demak dalam menerapkan ATCS. Hal ini dapat membantu kerja kepolisian terutama di sektor lalu lintas jalan.
“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya sistem ini. Nantinya, supaya ada kerjasama atau koordinasi antara kepolisian dengan Dinas Perhubungan,” terangnya.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 88 = 91

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.