Kondisi Membaik, Dua Korban KM Pieces Diizinkan Pulang Hari Ini

Dehidrasi sudah teratasi dan tertangani, karena selama empat hari terapung, mereka hanya minum air laut.

PEKALONGAN – Dua korban selamat KM Pieces yang tenggelam di Perairan Matiri, Kalimantan Selatan kondisinya terus membaik, setelah mendapat perawatan intensif di RSUD Bendan, Kota Pekalongan. Mereka akan diperbolehkan pulang hari ini oleh pihak rumah sakit.

Salah satu korban selamat, Bambang Subagyo mendapat perawatan intensif di RSUD Bendan, Pekalongan. Foto : dok PMI Pekalongan

“Kemarin saya sudah visit dan konfimasi ke bagian perawatan, kondisinya sudah jauh lebih baik‎. Dehidrasi sudah teratasi dan tertangani, karena selama empat hari terapung, mereka hanya minum air laut,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pelayanan ‎RSUD Bendan dr Difayana‎, Selasa (6/8/2019).

Adapun kedua korban selamat tersebut yakni, Muhammad Samlawi (18) warga Desa Kupu, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes dan Bambang Subagyo (52) warga Desa Kemplong, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

‎Selain mengalami dehidrasi dan trauma, Difayana menambahkan, kedua korban juga mengalami luka bakar karena sengatan matahari. Beruntung, luka tersebut tidak berbahaya dan saat ini kondisinya sudah mengering.

“Hampir sekujur tubuh terbakar karena terpapar sinar matahari selama mengapung. Terutama yang muda (Samlawi). Luka bakarnya terjadi di bagian wajah, punggung, tangan, dada, paha dan kaki,” bebernya.

Difayana memastikan, tidak ada luka bakar yang dialami kedua korban akibat kobaran api. Pasalnya,‎ berdasarkan cerita kedua korban kepada Difayana, mereka sudah terjun ke laut saat kapal terbakar.

“Luka bakar itu bukan karena api. Saya tanya kena api nggak? Enggak katanya. Saat kapal meledak kami sudah turun.‎ Jadi mengelupas kulitnya karena sengatan matahari selama empat hari terapung di laut,” pungkasnya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.