Komputer Ngadat, UNBK Molor sampai Tiga Jam

Kendala terjadi pada pelaksanaan UNBK di hari pertama mapel Bahasa Indonesia sesi pertama untuk satu ruangan.

MAGELANG – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di Kota Magelang, Senin (1/4/2019) mengalami masalah. Akibatnya pelaksanaan ujian untuk satu ruangan ujian terpaksa mundur dan dimulai pukul 10.15.

Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Magelang, Senin (1/4/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Magelang sekaligus Kepala SMAN 1 Magelang, Sucahyo Wibowo, membenarkan bahwa kendala terjadi pada pelaksanaan UNBK di hari pertama mapel Bahasa Indonesia sesi pertama untuk satu ruangan. Dua ruangan lainnya tidak ada kendala.

Untuk ruangan yang bermasalah, kata Sucahyo, digeser waktunya. Dari yang seharusnya  ujian sesi pertama dimulai pukul 07.30, diundur jadi sekitar pukul 10.00. “Hanya saja untuk sesi ketiga, selesainya sampai sore, sekitar pukul 17.00-18.00,” ungkapnya.

Sucahyo tidak mengetahui secara pasti penyebab masalah tersebut. Kemungkinan, menurut Sucahyo, adalah masalah hardware komputer. Namun setelah diperbaiki,  komputer sudah bisa dipakai kembali.

Dia menyebutkan, sampai saat ini belum ada laporan masalah di sekolah lain. “Belum ada laporan terjadi kendala, mudah-mudahan semua berjalan lancr sampai selesai,” harapnya.

Salah satu peserta UNBK di SMAN 1 Magelang, Marthania Mahanani, yang ditemui usai ujian menyebutkan, ia terpaksa mengikuti ujian sesi kedua pukul 13.15 karena ada kendala di komputer. Seharusnya, sesi kedua dilaksanakan pukul 09.30.

“Deg-degan juga saat mengerjakan karena khawatir ada kendala lagi,” kata siswa kelas XII IPS 2 tersebut.

Sementara Kepala SMAN 3 Magelang, Joko Tri Haryanto saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa pelaksanaan UNBK di sekolahnya juga sempat mengalami kendala karena susah untuk log out di sesi kedua. Namun demikian, menurut Joko, permasalahan tersebut bisa diatasi sekitar 15 menit dan tidak menyebabkan pemunduran jadwal ujian. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.