Komnas HAM Kaget Ada Penangkapan Terduga Teroris di Solo

image
Ibunda Ibad (kiri) saat menunjukan langsung lokasi penggledahan yang dilakukan Tim Densus di kamar Ibad.

SOLO– Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkejut dengan penangkapan terduga teroris Semanggi, Pasar Kliwon, Solo kemarin.

“Penangkapan ini mengejutkan kami, karena setelah sekian lama tak ada penangkapan, kok ini ada kembali. Kami sesalkan penangkapan ini, karena kami melihat kondisi ini sudah tak terlalu mengkawatirkan,” jelas Sub Komisi Pemantauan dan Investigasi Komnas HAM, Siane Indriani, saat mendatangi kediaman Ibad, Minggu (16/8) pagi.
 
Pihaknya ingin memastikan dan mengingatkan kepada pihak terkait, jika melakukan penangkapan atau penggeledahan semua harus sesuai dengan Standart Operasionalnya (SOP). Jangan malah mengutamakan tindakan kekerasan, demi mendapatkan sesuatu yang tengah dilakukan.
 
“Kami masih melihat ada tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan oleh pihak terkait, demi mendapatkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Inilah yang sangat kami takutkan dan waspadai,” tegasnya.
 
Siane menegaskan, siapapun itu, mereka merupakan seorang warga negara Indonesia yang berhak mendapatkan perlindungan sesuai dengan haknya. Bahkan, tak segan pihaknya siap ikut terlibat langsung dalam proses penangkapan atau pengumpulan barang bukti, demi mengedepankan hak seorang manusia seutuhnya. (dit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

67 − 62 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.