Komitmen Jaga Pesta Demokrasi, KPU Gandeng Polisi

Ketua KPU Semarang, Henry Casandra Gultom dan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji SIP di kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama di Hotel Pesonna, Rabu (16/1/2019).

SEMARANG – Polrestabes Semarang bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama terkait pengamanan pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Semarang, Henry Casandra Gultom dan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji SIP. Dalam tataran pelaksanaan kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Sekretaris KPU Kota Semarang, Hery Sutarko dan Kabag Ops Polrestabes Semarang AKBP  IGA Dwi Perbawa Nugraha, SIK, MSi.

Acara yang juga dihadiri oleh Bawaslu, Kesbangpol, dan seluruh Kapolsek dan Ketua PPK Se-Kota Semarang ini dilaksanakan di Hotel Pesonna, Semarang, Rabu (16/01/2019). Dalam rilis KPU kota kepada metrojateng.com, Kamis (17/1/2019), Kapolrestabes Kombes Pol Abioso Seno Aji SIP mengatakan, sebagai pelaksana pengamanan pemilu, Polrestabes Semarang siap mengamankan jalannya pemilu 2019.

‘’Kepolisian siap mengamankan pemilu, khususnya terkait dengan pengamanan logistik pemilu, tahapan pelaksanaan kampanye, proses pencoblosan, hingga tahapan rekapitulasi (perolehan suara) dan pengumuman,’’ katanya.

Polrestabes menurutnya juga siap menjaga kondusivitas kota dalam pelaksanaan tahapan pemilu 2019. Abioso juga menyampaikan, agar dalam waktu dekat, KPU kota bisa menggelar forum bersama yang mengundang peserta pemilu, tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat yang terkait.

‘’Tujuannya, agar semua peserta pemilu dan para pemilih bisa duduk bersama dan membangun komitmen untuk menjaga pesta demokrasi, khususnya yang ada di Kota Semarang, agar dapat berjalan dengan damai, aman, dan tertib,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, menyampaikan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah dilaksanakan di tingkatan KPU RI dan KPU Provinsi.

Menurut Nanda, sapaannya, sebelum nota ini disepakati, pihak KPU Kota Semarang dan Polrestabes Semarang sebenarnya telah menjalin komunikasi dan koordinasi terkait tahapan-tahapan yang telah dilalui.

‘’Proses pengamanan dalam tahapan DCT, DPT, LADK, LPSDK dan distribusi logistik telah dilakukan dengan baik oleh Polrestabes Semarang,’’ katanya.

Nanda juga menyampaikan bahwa proses tahapan di Kota Semarang telah berjalan sesuai dengan target dan harapan. Namun dalam pelaksanaan kedepan, dibutuhkan koordinasi dan komunikasi lebih intens dengan semua stakeholder. (duh)

 

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.