Kisah Vico Rahman, Mr Bean ‘KW’ dari Jepara

Aksinya kerapkali muncul di layar televisi saat itu, mulai sinetron, talkshow, dan event hiburan offair.

VICO Rahman, tidak menyangka jika dirinya bakal menjadi tenar dengan menyandang gelar “Mr Bean Indonesia”. Ya, pria asal Jepara ini memang mirip dengan komedian asal Inggris Mr Bean.

Vico Rahman, Mr Bean KW asal Jepara. Foto: metrojateng.com

Awalnya cukup unik. Di tengah jatuh-bangun meniti karir di dunia akting, Vico iseng-iseng memoles wajahnya dengan make up. Alhasil, wajahnya mirip dengan Rowan Atkinson, tokoh asli Mr Bean.

Tingkah kocak dan gimik wajahnya yang menggemaskan, diapun dijuluki Mr Bean Indonesia. Bukan hanya itu, penampilannya didukung kostum jas dan boneka imut layaknya Mr Bean sungguhan.

Itu mampu menempatkan namanya di deretan komedian tanah air. Aksinya kerapkali muncul di layar televisi saat itu, mulai sinetron, talkshow, dan event hiburan offair.

Vico Bean juga pernah tergabung dalam grup plesetan bintang dunia, di antaranya Ilham Anas Obama (Plesetan Barrack Obama), Adam Jackson (Plesetan Michael Jackson), Ronaldikin Taucho (Plesetan Ronaldinho), dan lainnya.

Di balik itu, Vico Rahman menceritakan awal mula karirnya di dunia hiburan tanah air. Di tahun 2000an, dia mencoba keberuntungan di Jakarta menjadi talent dan membantu di sejumlah sinetron.

Namun, pengalaman di dunia akting sinetron masih belum cukup melambungkan namanya. Akhirnya, terlintas sosok Mr Bean yang memang ia gemari sejak kecil. Iseng-iseng, ia make up wajahnya sendiri, menyerupai Mr Bean.

“Dari sinilah saya menemukan karakter yang mirip dengan Mr Bean sekitar 2010 lalu. Sebelumnya memang saya berkarir di dunia akting, tapi belum mampu mengangkat. Akhirnya iseng make up sendiri mirip Mr Bean, eh, malah dapat respons,” ujarnya saat mengisi acara Carnaval SCTV di Jepara, Minggu (21/7/2019)

Namanya mulai dikenal sebagai Mr Bean Indonesia atau Vico Bean. Sejumlah acara televisi kerapkali mengundangnya sebagai tamu. Selain itu, ada salah satu sinetron yang memang menghadirkannya sebagak tokoh Mr Bean, untuk beberapa episode.

Diakuinya, muncul sosok Mr Bean KW itu memang ide kreatifnya sendiri. Bahkan orang tuanya tidak tahu kalau dia harus menjadi Mr Bean tiruan.

“Orang tua saja tidak tahu kalau saat itu saya berkarir sebagai Mr Bean Indonesia,” paparnya.

Kini, Vico Bean telah kembali ke tanah kelahirannya di Jepara 3 tahun terakhir. Namun, sosok Mr Bean masih tetap ia perankan di sejumlah event offair.

“Ya, masih menghibur masyarakat di event hiburan, pernikahan, di cafe dan lain-lain. Juga kadang nuruti shooting di Jakarta,” tandasnya yang saat ini tinggal di Bapangan, Jepara Kota.(MJ-23)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.