Kios Darurat Pasar Legi Mulai Dibangun

Pemkot menggunakan kios bekas Pasar Klewer darurat yang sebelumnya dibiarkan mangkrak

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Solo mulai membangun pasar darurat Pasar Legi. Sejumlah kios bekas Pasar Klewer darurat yang mangkrak di Alun-alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta dimanfaatkan untuk Pasar Legi darurat. 

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meninjau pembangunan pasar darurat Pasar Legi, Selasa (6/11/2018). Foto: metrojateng.com

“Pasar darurat kita bangun secara gotong royong,” ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (6/11/2018).

Wali Kota menjelaskan penggunaan barang bekas ini mengubah rencana sebelumnya yang akan menggunakan tenda sebagai tempat pedagang berjualan. Pasar darurat dibangun di beberapa ruas jalan di sekitar Pasar Legi, antara lain Jalan Sabang, Jalan Lumban Tobing dan Jalan Halmahera.

Ada sekitar 600 pedagang yang akan tertampung di titik ini. Selanjutnya, Pemkot akan mencarikan tempat bagi pedagang yang belum tertampung.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Legi (Ikapagi) Solo, Dedy Purnomo mengatakan, pihaknya mengikuti kebijakan Pemkot Solo dalam proses relokasi pedagang yang terdampak kebakaran.

“Kami meminta para pedagang pemegang Surat Hak Penempatan (SHP) untuk segera melapor kepada Ikapagi,” ungkapnya.

Menurutnya, pedagang pemegang SHP akan diupayakan diprioritaskan untuk mendapat tempat di pasar darurat. Dalam waktu dekat Ikapagi akan mengadakan pertemuan dengan Pemkot Solo untuk membahas kondisi pedagang Pasar Legi terdampak kebakaran.

Pasar Legi mengalami kebakaran kebakaran akibat konsleting listrik pada 29 Oktober 2018. Sebanyak 2.288 dari total 2.681 pedagang yang terkena dampak kebakaran tersebut. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.